Jet Tempur AS Tembak Jatuh Pesawat Suriah

0
83
boeing, super hornet
Jet tempur Boeing F/A-18E Super Hornet milik Amerika Serikat (Foto: Carl Court/AFP/Getty Images)

RAQQA – Sebuah jet tempur Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menembak jatuh pesawat tempur Suriah di Raqqa, Suriah, Ahad (18/6).

Washington menyebut serangan itu dilakukan karena pesawat tempur Suriah menjatuhkan bom pada pasukan koalisi AS yang sedang memerangi ISIS di Suriah utara. Sementara, Damaskus mengatakan pesawat mereka sedang dalam misi tempur melawan kelompok militan ISIS di Raqqa.

Insiden tersebut terjadi saat sebuah kelompok pemantau melaporkan pertarungan darat pertama antara pasukan pemerintah Suriah dan aliansi pejuang Kurdi dan Arab yang didukung AS.

“Pada pukul 6:43 (17:43 GMT), sebuah (pesawat jet tempur) rezim Suriah SU-22 menjatuhkan bom di dekat pasukan koalisi Angkatan Darat Demokratik Suriah (SDF) di selatan Tabqah dan, sesuai dengan peraturan dan pembelaan kolektif pasukan koalisi, maka segera ditembak jatuh oleh (jet tempur) F/A-18E Super Hornet AS,” kata Gabungan Task Force dalam sebuah pernyataan yang dilansir Al Jazeera (19/06).

Dikatakan bahwa dua jam sebelumnya, pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad menyerang pasukan SDF di kota Ja’Din di selatan Tabqa, melukai sejumlah pejuang SDF dan telah menggiring SDF keluar dari kota.

Koalisi pimpinan AS menambahkan bahwa misinya adalah untuk mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah dan tidak berusaha untuk melawan rezim Suriah, Rusia, atau pasukan pro-rezim yang bermitra dengan mereka. “Namun (koalisi) tidak akan ragu untuk membela pasukan koalisi atau mitra dari manapun ancaman itu,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya pada hari Ahad, tentara Suriah mengatakan bahwa mereka yang disebut sebagai aliansi internasional telah menargetkan jet di atas wilayah al-Rasafa di desa selatan al-Raqqa saat berada dalam misi tempur melawan Daesh (ISIS).

Pilot jet tersebut dilaporkan hilang setelah serangan ini, kata pimpinan militer dalam sebuah pernyataan, menurut kantor berita Suriah, SANA.

Koalisi pimpinan AS dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan operasi militer pengeboman udara di Suriah utara dan Raqqa. Pasukan yang didukung AS telah mengelilingi kota Raqqa dan merebut beberapa distrik dari pejuang ISIS.

Tentara Suriah juga telah mengambil alih wilayah dari mundurnya pejuang ISIS di pedesaan Raqqa barat dan merebut kembali beberapa ladang minyak dan desa-desa yang berada di bawah kendali kelompok tersebut selama hampir tiga tahun.

Setelah menembak jatuh pesawat Suriah, bentrokan antara pasukan pemerintah Suriah dan pejuang yang didukung koalisi pecah di dua desa sekitar 40km selatan kota Raqqa, kata badan pengamat HAM di Suriah (Syrian Observatory for Human Rights). (M.Gauzal/IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Jember Tangkap Sindikat Pencuri Gula

JEMBER, SERUJI.CO.ID - Aparat Kepolisian Resor Jember menangkap lima tersangka yang diduga sebagai pelaku sindikat pencurian gula pasir saat melakukan aksinya di sebuah gudang...
bambang soesatyo

DPR Yakin Presiden Memahami Kebutuhan Gedung Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini Presiden Jokowi memahami kebutuhan DPR terkait gedung baru, meskipun kedua institusi tidak bertemu dan berbicara khusus...

Polresta Denpasar Tangkap Empat Tersangka Pengguna Narkoba

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar, Bali, menangkap empat tersangka bernama Mus (36 tahun), Ang (49 tahun), Nur (27 tahun) dan WG (41...
Febri Diansyah

KPK Nyatakan Siap Bila Novanto Ajukan Banding

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan lembaganya siap jika Setya Novanto mengajukan banding terhadap putusan pengadilan dalam perkara...
bambang soesatyo

Masyarakat Diingatkan Cermat Terhadap Produk Investasi Ilegal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat untuk lebih cermat dan waspada terhadap produk investasi tanpa izin yang dapat digunakan sebagai...