Akhirnya, Mahfud MD Minta Maaf Soal Prabowo Menang di Provinsi Islam “Garis Keras”

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pernyataan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD yang menyebut bahwa daerah yang dimenangkan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga adalah provinsi yang dahulunya dinilai sebagai daerah dengan “Islam Garis Keras” telah menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Pernyataan yang disampaikan saat diwawancarai sebuah TV Swasta nasional tersebut, dinilai telah melukai berbagai pihak yang daerahnya disebut sebagai provinsi yang menganut ‘Islam Garis Keras’.

Walau Mahfud MD telah berusaha mengklarifikasi di berbagai kesempatan terkait istilah ‘Garis Keras’ yang ia gunakan, namun tak membuat polemik mereda.

Tak ingin memperpanjang polemik, Rabu (1/5), Mahfud MD menyampaikan permohonan maafnya terhadap istilah yang ia gunakan, yang dapat disalah pahami secara berbeda.

Permohonan maaf tersebut disampaikan Mahfud lewat akun twitternya @mohmahfudmd dalam beberapa rangkaian cuitan yang berusaha menjelaskan kembali maksudnya menggunakan istilah ‘Garis Keras’.

“Di dalam term ilmu, istilah hard liner diartikan, ‘sikap kokoh, tidak mau berkompromi dengan pandangan yang dianggapnya tidak sejalan dgn prinsipnya’. Itu tertulis di literatur-literatur. Tapi bagi yang beda paham saya minta maaf. Maksud saya mengajak rekonsiliasi, bersatu, kok malah berpecah. Itu tdk bagus,” tulis Mahfud, Rabu (1/5).

“Arti garis keras di dalam literatur ‘is an adjective describing a stance on an issue that is inflexible and not subject to compromise‘. Arti ini tak bisa dicabut karena sudah jadi term dalam ilmu politik secara internasional. Tapi bagi yang salah memahami penggunaan istilah ini saya minta maaf,” tulis Mahfud di twit berikutnya.

Berikut Twit Lengkap Permintaan Maaf Mahfud MD;

Berita soal pernyataan Mahfud MD yang menimbulkan polemik tersebut dapat dibaca di sini: Mahfud MD Sebut Prabowo Menang di Provinsi “Islam Garis Keras”, Begini Fakta Yang Ditemukan SERUJI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER