KPAI Akan Panggil Penerbit Buku yang Cantumkan Yerusalem Ibu Kota Israel

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berencana memanggil Penerbit Yudistira untuk dimintai keterangannya terkait kekeliruan dalam buku IPS Kelas 6 SD yang mencantumkan Yerusalem Ibu Kota Israel.

“Kami panggil penerbit untuk mendapatkan data dan penjelasan yang utuh dalam proses penyusunan buku hingga lolos penilaian buku,” kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam pesan yang diterima SERUJI di Yogyakarta, Rabu (13/12).

Retno menjadwalkan pemanggillannya pada Senin, 18 Desember 2017, jam 13.30 wib di KPAI.

Menurut Retno, penulisan buku ajar yang ada kekeliruan isi bahkan substansi bukanlah kejadian pertama, karena faktanya kejadian tersebut sudah terjadi kesekian kalinya.

“Mulai dari adanya konten kekerasan sampai pornografi, dan sekarang (muncul kasus, red) kekeliruan penulisan Ibu Kota Israel adalah Yerusalem,” ujarnya.

“Ini menunjukkan lemahnya pengawasan terhadap buku-buku ajar, terutama buku SD,” imbuhnya.

Retno menerangkan, pengawasan buku ajar mestinya menjadi kewenangan Pusbukur Kemdikbud RI. Oleh karenanya, KPAI akan meminta keterangan kepada Kemdikbud terkhusus Pusbukur, terkait lolosnya buku ini dalan penilaian perbukuan di Pusbukur.

“Jika dalam proses penilaian buku tersebut ada kelalaian Kemdikbud, maka tentu saja Kemdikbud menjadi pihak yang bertanggung jawab,” pungkasnya. (ArifKF/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER