Iman Supriyono


SERUJI.CO.ID – Iman Supriyono, adalah seorang pendiri sekaligus CEO dan konsultan senior pada perusahaan konsultan manajemen ternama yang berpusat di Kota Surabaya, PT SNF Consulting, yang telah menangani berbagai perusahaan untuk maju dan berkembang menjadi pemain berkelas dunia.

Bidang keahlian Iman adalah manajemen dengan spesialisasi strategic finance, sebuah disiplin ilmu yang merupakan irisan dari ilmu strategic management dan ilmu keuangan.

Sehari-hari alumni Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Megister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) ini aktif melakukan riset di bidang strategic management dengan obyek penelitian perusahaan-perusahaan di berbagai negara. Hasil risetnya dipublikasikan secara harian melalui media internet dengan berbagai saluran maupun melalui buku-buku.

Iman menjaga netralitas sebagai konsultan dengan berpegang teguh pada kode etik konsultan SNF Consulting yang melarang para konsultannya untuk menjadi direksi, komisaris atau pemegang saham pengendali di perseroan terbatas (atau yang setara) apapun di negara manapun kecuali di PT SNF Consulting. Kode etik juga melarang konsultan untuk menjadi pejabat publik di level apapun di negara manapun.

Berbagai karya telah dihasilkan Iman dari berbagai riset dan pengamatannya terhadap perusahaan yang ia konsultani. Riset tersebut telah menjadi referensi berbagai kalangan wirausahawan dalam mengelola perusahaanya.

Diantara karya Iman adalah;

Hasil riset berupa konsep (framework) manajemen antara lain:

  • Anak Tangga Entrepreneur, sebuah model tentang bagaimana seorang entrepreneur berproses dan berkembang dari nol menggapai kesuksesan dengan mendaki anak tangganya satu demi satu,
  • FSQ (Financial Spiritual Quotient), yaitu konsep dan pengukuran kecerdasan finansial spiritual secara numerik, diaplikasikan untuk membangun masyarakat berbudaya
    investasi (investing society),
  • Tripod Manajemen, sebuah konsep dasar dalam dunia manajemen untuk menganalisis kekuatan manajerial sebuah perusahaan atau organisasai,
  • Crowding Effect, sebuah konsep dalam memahami perilaku konsumen modern untuk memacu pertumbuhan perusahaan,
  • Managerial Bottle Neck, sebuah konsep untuk menganalisis dan menemukan penyebab lambatnya pertumbuhan sebuah perusahaan atau organisasi,
  • Kurva Korporatisasi, sebuah model grafis untuk menganalisis dan memahami bagaimana sebuah bisnis tumbuh dari kecil perseorangan menjadi perusahaan raksasa dengan kehadiran lintas negara yang sahamnya dimiliki oleh jutaan orang,
  • Gergaji Korporatisasi, sebuah model grafis struktur modal untuk pertumbuhan berkelanjutan perusahaan dalam rangka proses korporatisasi,

Karya Tulis

  • Buku, “I’tikaf Akhir Ramadhan Untuk Entrepreneur & Profesional – Santainya Pekerja Keras”, E-book, SNF Consulting, 2013.
  • Buku, “Student Enterprise Kini World Class Company Kemudian”, SNF Consulting, 2012.
  • Buku, “Anda Jago Kandang Atau Kelas Dunia? Saat Produk, Merek dan Korporasi Global Datang Menyerang”, SNF Consulting, 2010.
  • Buku, “Guru Goblok Ketemu Murid Goblok Hikmah Pembakar Jiwa Entrepreneur dan Investor”, SNF Consulting, 2008.
  • Buku, “Menghadapi Masa Pensiun CerdasFinansial Spiritual Masa Pensiun”, Surabaya, Pustaka Progresif, 2008.
  • Buku, “Financial Warning Penyakit-Penyakit Finansial dan Cara Mengatasinya”, Surabaya, Pustaka Progesif, 2008.
  • Buku “FSQ Memamahami Mengukur dan Melejitkan Financial Spiritual Quotient untuk Keunggulan Diri, Perusahaan dan Masyarakat”, SNF Consulting-Lutfansah Mediatama, Surabaya, 2006.
  • Buku “Cerdas Finansial di Rumah di Kantor dan di Masjid”, Pustaka Progresif, 2004
  • Buku “Cerdas Finansial Pranikah”, Pustaka Progresif, Surabaya, 2007. Sebelumnya
    diterbitkan dengan judul “Persiapan Finansial Menjelang Pernikahan”, Penerbit Tiga Lentera Utama, Jogjakarta, 2003.
  • Buku “Si Kecil Kaya Si Kecil Miskin Meningkatkan Kecerdasan Finansial Si Buah Hati”, Pustaka Progresif, Surabaya, 2007, sebelumnya juga diterbitkan oleh Penerbit Mediatama Surabaya, 2003.
  • Koran gadged harian “Sarapan Pagi – Daily Management Upate”, diterbitkan tiap hari sejak tahun 2015 sampai saat ini, bisa diakses melalui Telegram @sarapanpagi, Istagram @imansupri, Twitter @imansupri, Facebook Iman Supriyono
  • Artikel & Kolom, Off-line: Harian Kompas, Harian Jawa Pos, Harian Surabaya Post, Indonesian Daily News, Harian Bangsa, Majalah Matan, Majalah Mulia, Majalah Al Falah, dll.
  • Artikel & Kolom On-line: ratusan artikel melalui blog imansupriyono.wordpress.com, web www.snfconsulting.com, media sosial, maupun tersebar di berbagai situs internet.

Pendidikan Formal
1. SDN Kaliabu 01, Caruban, Madiun, lulus tahun 1984
2. SMPN I Caruban, Madiun, lulus tahun 1987
3. SMAN I Caruban, Madiun, lulus tahun 1990
4. ITS, Jurusan Teknik Mesin, lulus tahun 1997
5. UNAIR, Program Magister Manajemen, Lulus 2001

Pendidikan Non Formal
1. Program Studi Islam dan Bahasa Arab Ma’had Ukhuwah Islamiyah Surabaya (1991-1993)
2. Pendidikan Pencak Silat dan Karate (1985-1989)
3. Kursus Pengelola Dewan Kerja Pramuka Tingkat Jawa Timur (1988)

Pengalaman Organisasi
1. Sekretaris Umum Unit Kegiatan Mahasiswa Islam di ITS, JMMI (1992-1993)
2. Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Mesin ITS Surabaya (1990-1991)
3. Ketua OSIS SMA (1988-1989)
4. Pimpinan Redaksi Majalah Sekolah SMA (1989)
5. Wakil Ketua Karang Taruna (1987-1989)

Personal
Menikah dengan 2 putra dan 6 putri

(ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close