Ustadz Abdul Somad Pimpin Deklarasi Persatuan Umat dan Kebangsaan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Stadion Gelora Bandung Lautan Api dipenuhi oleh lautan massa untuk menyaksikan tablig akbar Bersama ustadz Abdul Somad, Sabtu (26/1). Meski sempat hujan, massa tetap semangat untuk mengikuti tausyiah sampai akhir.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya menambah syahdu pelaksanaan Tabligh Akbar yang dimulai dari pukul 20.00–22.30 WIB ini, dan di buka oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

“Bandung merasa terhormat, atas kegiatan yang menghadirkan ustadz Abdul Somad. Terimakasih kepada umat muslim yang telah membuktikan kepada masyarakat luas atas kesantunannya,” kata Oded dalam sambutannya.

Selain Wali Kota Bandung, turut hadir Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan serta beberapa tokoh masyarakat.

Tabligh akbar yang mengusung tema Cinta Islam, NKRI dan Ukhuwah ini juga menghadirkan beberapa artis hijrah seperti Arie Untung, Primus Yustisio, Rizal Armada, Ricky Harun, dan sederet artis hijrah lainnya.

Stadion bergemuruh dengan lantunan shalawat dan takbir, saat ustadz Somad berjalan menuju panggung utama.

Dalam kajiannya, ustadz Somad mengajak umat muslim untuk segera bertobat dari segala bentuk perbuatan dosa, kemudian agar selalu produktif menebarkan kebaikan di setiap sektor kehidupan. serta terus menjaga ukhuwah dan persaudaraan dalam komunitas yang ada.

“Apapun latar belakang organisasinya, janganlah berpecah belah sehingga umat Islam kuat dan tidak mudah ditikam musuh,” tuturnya.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa Serigala hanya menerkam domba yang memisahkan diri dari rombongannya. “Oleh karena itu jagalah ukhuwah dan persatuan umat,” ujarnya.

Ustadz Somad juga membahas masalah ekonomi keumatan. Dalam tausyiahnya, ia mengajak untuk dapat ikut serta menggerakkan perekonomian ekonomi menengah dengan membeli dan menggunakan produk yang dihasilkannya.

“Kita perlu bangga dengan produk dalam negeri. Di pedalaman Kalimantan, terdapat ibu–ibu yang menenun kain dengan dimodali dari rentenir sehingga terjerat riba. Oleh karena itu, kita bisa membantunya dengan membeli produk baju tenunannya dan membantu agar sistem usahanya dapat berkembang tanpa riba,” katanya.

Acara kemudian ditutup dengan Deklarasi Persatuan Umat dan Kebangsaan yang dipimpin oleh ustadz Abdul Somad dan diikuti seluruh peserta yang mengikuti Tabligh akbar.

Deklarasi Persatuan Umat dan Kebangsaan terdiri dari 5 point, yaitu :

  1. Kami adalah masyarakat muslim Indonesia yang bertakwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Kami adalah masyarakat muslim Indonesia yang teguh, lurus berpedoman kepada Alquran dan Sunnah serta bersungguh–sungguh melaksankan amar ma’ruf nahi mungkar;
  3. Kami masyarakat muslim Indonesia akan setia serta turut menjaga kedaulatan negara dan persatuan Indonesia ynag berdasarkan Pancasila dan Undang–Undang Dasar 1945;
  4. Kami masyarakat muslim Indonesia akan senantiasa mengutamakan persaudaraan, membangun ukhuwah serta menjunjung tinggi persatuan umat;
  5. Kami masyarakat muslim Indonesia adalah mujahid pejuang yang cinta pada Islam, cinta kepada NKRI, cinta kepada ukhuwah.

(Hadi/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.