Jokowi: Pemerintah Dukung Produksi Massal Sepeda Motor Listrik Gesits Karya ITS Surabaya


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi menyatakan Pemerintah mendukung rencana produksi massal sepeda motor karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, yang diberi nama Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits).

Hal ini disampaikan Jokowi usai menerima kunjungan Menristekdikti Muhammad Nasir, Rektor ITS Joni Hermana, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, dan Jajaran Direksi PT Wijaya Karya yang membahas mengenai produksi massal motor gesits di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/11).

“Kalau sudah diproduksi, saya pembeli pertama. Saya akan beli 100 unit. Warnanya, warna-warni,” kata Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11).

Usai menjajal purwarupa Gesits siang hari ini di Istana Kepresidenan Jakarta, Jokowi mengatakan, Gesits dalam waktu dekat akan diproduksi secara massal.

“Ini uji coba sudah lama, sudah masuk juga ke uji semuanya, tadi kita bicara masalah produksi, jadi sebentar lagi mau diproduksi sebulan kurang lebih 1 tahun 60.000 unit, 1 bulan 5.000 unit,” kata Jokowi.

Produksi massal ini, kata Jokowi, bisa ditingkatkan lagi jika memang pasar menyambut baik, bahkan akan diekspor ke luar negeri.

“Ini adalah brand dan principal 100% Indonesia. Kalau mendapat respon positif dari pasar, sepeda motor listrik itu akan diekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Menurut Jokowi, motor listrik Gesits juga sudah diuji coba jarak jauh dari Jakarta menuju Bali, dan hasilnya tidak ada kendala. Di mana satu motor dengan kapasitas baterai yang ada mampu digunakan selama 70 kilometer.

“Jakarta-Bali tidak ada masalah. Gesits adalah kendaraan ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi udara mau pun suara, sehingga cocok digunakan masyarakat Indonesia,” kata Presiden.

Sepeda motor listrik Gesits, merupakan hasil pengembangan riset Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Gesit Technologies Indo (GTI). Rencananya, PT Wika Industri dan Konstruksi, anak perusahaan PT Wijaya Karya (Wika), akan memproduksi Gesits mulai Januari 2019. (SU01)

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close