Hisbullah Siap Bantu Pemulangan Pengungsi Suriah

0
16
Sekolah anak Suriah di Turki. (Foto: Anadolu)

BEIRUT, SERUJI.CO.ID –  Hisbullah akan bekerja sama dengan negara Suriah serta badan Keamanan Umum Lebanon untuk membantu pemulangan para pengungsi Suriah yang ingin kembali ke negara mereka, kata pemimpinnya, Jumat (29/6).

Sayyed Hassan Nasrallah, yang pasukannya berperang bersama Damaskus, juga mengatakan kemenangan sangat besar akan tiba di Suriah selatan. Di wilayah itu, serangan tentara terhadap pemberontak telah membuat keberhasilan.

Sementara pasukan pemerintah Suriah dan sekutu-sekutunya telah mengambil alih lebih banyak wilayah, para pejabat Lebanon meningkatkan seruan kepada para pengungsi untuk kembali ke daerah-daerah Suriah, tempat kekerasan telah berhenti.

Dalam pidato di televisi, Nasrallah mengatakan Hisbullah telah membuat mekanisme untuk memulangkan pengungsi Suriah dalam jumlah besar, yang ingin kembali ke rumah-rumah mereka secara aman dan sukarela.

Sejumlah pejabat Perserikatan Bangsa-bangsa dan negara asing pemberi bantuan untuk Lebanon mengatakan belum aman bagi para pengungsi untuk kembali ke Suriah. Di negara itu, kesepakatan politik untuk mengakhiri perang banyak pihak masih sulit tercapai.

Perang selama tujuh tahun itu telah membuat 11 juta warga Suriah meninggalkan rumah-rumah mereka termasuk lebih dari satu juta di antara mereka yang pergi ke Lebanon, hampir seperempat dari jumlah penduduk negara itu, kata badan urusan pengungsi PBB, UNHCR. Pemerintah menyebut jumlah tersebut sebanyak 1,5 juta.

Menteri Luar Negeri Lebanon Gebran Bassil, yang partai FPM tempatnya berasal merupakan sekutu politik Hisbullah, telah mendorong lebih banyak pengungsi agar kembali. Bulan ini, ia juga menuduh UNHCR mencegah para pengungsi Suriah untuk pulang.

UNHCR membantah tuduhan itu dengan mengatakan bahwa pihaknya mendukung pemulangan yang aman dan menghormati keputusan setiap orang untuk pulang.

Perdana menteri yang ditetapkan dan menentang pemerintah Suriah, Saad al-Hariri, mengatakan Lebanon tidak setuju soal pemulangan pengungsi yang dipaksakan. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...