Bom Bunuh Diri di Kabul Tewaskan Puluhan Orang

KABUL, SERUJI.CO.ID – Seorang penyerang meledakkan dirinya sendiri di dekat sebuah tempat suci di Kabul pada Rabu (21/3) hingga menewaskan setidaknya 32 orang dan melukai puluhan lainnya.

Peristiwa terjadi pada saat ibu kota negara Afghanistan itu sedang menyelenggarakan perayaan hari besar Nawruz, yang menandai awal tahun baru Persia.

Ledakan tersebut menggaris bawahi ancaman terhadap kota itu dari serangan-serangan militan kendati pemerintah telah menjanjikan akan mengetatkan pengamanan pasca serangan di Kabul pusat pada Januari, yang menewaskan sekitar 100 orang.

Kelompok gerilyawan IS, yang sebelumnya melakukan serangan-serangan dengan menjadikan kalangan Syiah sebagai targetnya, menyatakan bertanggung jawab atas ledakan pada Rabu.

IS mengatakan serangan itu memang mengincar kalangan Syiah, yang sedang merayakan Nawruz, kata kantor berita Amaq milik IS.

Taliban, yang kerap memerangi jaringan lokal IS di Afghanistan, mengeluarkan pernyataan yang berisi bantahan bahwa pihaknya terlibat dalam pengeboman bunuh diri itu.

Kabul sebenarnya telah berjaga-jaga untuk menghindarkan kemungkinan serangan pada hari besar Nawruz tapi si pengebom bunuh diri masih bisa menjalankan aksinya ketika orang-orang sedang keluar meninggalkan tempat suci Kart-e Sakhi di sebuah daerah di bagian barat kota, yang sebagian besar penduduknya merupakan penganut Syiah.

“Orang-orang sedang pulang ke rumah dengan suka cita setelah selesai mengikuti upacara ketika pengebom bunuh diri itu meledakkan bomnya diantara mereka,” kata kepala kepolisian Kabul Daud Amin.

“Banyak personel kami yang syahid,” ungkapnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER