Presiden Xi Berjanji Pimpin ‘Tata Dunia Baru’

0
160
Presiden Xi Jinping dan Presiden Tsakhiagiin Elbegdorj bersiap memanah dalam acara tradisional di Mongolia, 22 Agustus 2014. (image: courtesy to xijinpingoffice)

BEIJING – Untuk pertama kalinya, Presiden Xi Jinping mengeluarkan sumpah bahwa Cina harus memimpin dalam membentuk ‘tatanan dunia baru’ dan menjaga keamanan internasional. Diberitakan Quartz edisi Rabu (23/2), ini menjadi langkah terbaru menempatkan dia secara kontras dengan kebijakan Donald Trump Presiden Amerika Serikat.

Xi beberapa kali menyerukan Cina memainkan peran penting dalam membangun tatanan dunia baru. Tapi dalam seminar keamanan nasional 17 Februari di Beijing, ia menunjukkan Cina harus ‘memimpin’ masyarakat internasional dalam upaya itu.

Komentar itu segera disebakan media yang dikendalikan negara. Berbagai media berita menyebut pendekatan baru Xi itu sebagai ‘Dua Panduan’ (两个 引导). Kata ‘dua’ mengacu pada ‘tatanan dunia baru’ dan ‘keamanan internasional’.

“Tren keseluruhan dunia tentang multi-polarisasi, globalisasi ekonomi, dan demokratisasi hubungan internasional tetap tidak berubah. Kita harus memandu masyarakat internasional untuk bersama-sama membangun tatanan dunia baru yang lebih adil dan masuk akal,” begitu ucapan Xi yang diparafrasekan kantor berita resmi Xinhua. “Kita harus memandu masyarakat internasional untuk bersama-sama menjaga keamanan internasional.”

Proposal baru Xi ini bertepatan dengan Konferensi Keamanan Munich tahunan dan pertemuan tingkat menteri keuangan G20. Komentar di Xinhua menyebut, tatanan dunia yang didominasi Barat segera berakhir karena negara-negara Barat menunjukkan kurangnya kemauan dan kemampuan untuk turun tangan dalam urusan global. Salah satu buktinya adalah politik luar negeri ‘America First’ dari Presiden Trump yang sangat isolasionis.

Xi menghadiri seminar sebagai kepala Komisi Keamanan Nasional, suatu organ rahasia partai yang didirikan 2014. Hingga pekan lalu, lembaga ini baru kali ini dipublikasikan mengadakan pertemuan besar. Seminar itu muncul menjelang kongres ke-19 Partai Komunis Cina. Biasanya, ada reshuffle kepemimpinan pada musim gugur.

Simak: Waksekjen MUI Pertanyakan Mengapa Sebut China Dilarang

Sejak kemenangan Trump dalam pemilu di Amerika Serikat, Cina muncul sebagai pendukung terkuat globalisasi. Dalam beberapa bulan terakhir, Xi sibuk mengirim pesan pada dunia –yang merupakan kebalikan dari tindakan Trump.

Saat Trump akan mengoyak Trans-Pacific Partnership, Xi disebut-sebut justru mengembangkan alternatif yakni Kemitraan Ekonomik Konperhensif Regional, termasuk saat KTT APEC November lalu. Saat Trump mengancam akan menutup perbatasan dan menjauh dari urusan global, Xi menegur Trump (tanpa menyebutkan nama) dalam keynote speech di Forum Ekonomi Dunia 2017 pada Januari. Saat Trump mengekang imigrasi, Xi justru untuk memudahkan orang asing mendapatkan kartu hijau ke Cina.

EDITOR: Omar Ballaz

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Kemkominfo Blokir Laman Nikahsirri.com

PALEMBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika menyatakan pihaknya memblokir situs nikahsirri.com karena telah meresahkan masyarakat. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala...
Yohana Yambise

Muncul Situs Kawin Kontrak-Lelang Perawan, Menteri Yohana Angkat Mengecam

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise melarang lelang perawan dan kawin kontrak seperti penawaran yang beredar melalui situs nikahsirri.com. Dia mengatakan...

Kirim Bantuan ke Rohingya di Myanmar, Pekerja Sosial Hadapi Rintangan Berat

SITTWE - Lembaga-lembaga bantuan yang berusaha keras untuk mencapai ratusan ribu Muslim Rohingya yang terlantar akibat kekerasan di bagian barat laut Myanmar menghadapi permusuhan...

Jaringan Kabel Listrik Jembatan Suramadu Terbakar

SURABAYA - Jaringan kabel listrik jembatan Surabaya-Madura terbakar sehingga petugas mengalihkan arus lalu lintas di jembatan tersebut. "Yang kami alihkan adalah arus kendaraan roda yang menuju...

Rumah Doa Anak Yatim Pelihara Ratusan Ternak

BOGOR - Rumah Doa Anak Yatim yang terletak di Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki aset ratusan ekor tenak mulai dari...
ott, korupsi

Basaria: Kasus Suap Wali Kota Cilegon Mengecewakan

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan kekecewaannya dengan kasus dugaan suap senilai Rp1,5 miliar terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Imam Ariyadi terkait...