Tiga Orang Selamat dalam Jatuhnya Pesawat Boeing di Kuba


HAVANA, SERUJI.CO.ID – Hanya tiga perempuan selamat dalam kecelakaan pesawat tragis pada Jumat (18/5) di Ibu Kota Kuba, Havana, tapi pihak berwenang masih belum menyiarkan jumlah korban jiwa.

Menurut media lokal, awalnya berjumlah empat, tiga perempuan dan satu laki-laki yang meninggal setelah tiba di rumah sakit.

Dr. Carlos Alberto Martinez, Direktur Rumah Sakit Califto Garcia di ibu kota Kuba, mengatakan perempuan yang cedera berada dalam kondisi stabil, tapi pemeriksaan mereka mengatakan mereka kritis.

Pesawat itu, yang disewa oleh perusahaan lokal Cubana de Aviacion dari Perusahaan Penerbangan Meksiko Damojh, jatuh tak lama setelah lepas-landas dari Bandar Udara Internasional Havana Jose Marti.

Sebanyak 111 orang berada di dalam pesawat tersebut, termasukan 104 penumpang dan satu bayi, kata Menteri Transportasi Negara Pulau itu Adel Yzquierdo kepada media setempat.

Pejabat tersebut mengatakan kebanyakan korban adalah warga negara Kuba, dan juga ada lima warga negara asing di pesawat itu. Selain mereka, ada enam awak yang berkebangsaan Kuba.

Pemerintah Kuba mengumumkan dua hari berkabung mulai pukul 06.00 (17.00 WIB) pada Sabtu (19/5) sampai Ahad (20/5) tengah malam.

Baca juga: Pesawat Boeing Bawa 104 Penumpang Jatuh di Kuba

Satu komisi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut telah dibentuk. Komisi itu yang dipimpin oleh Lembaga Penerbangan Sipil akan melakukan penyelidikan dengan bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri yang telah mengamankan lokasi kecelakaan, kata Yzquierdo.

Pejabat Kuba tersebut mengatakan proses penyelidikan akan rumit, akibat hujan lebat di wilayah Havana selama beberapa jam belakangan ini.

Media lokal juga melaporkan bahwa Raul Castro, Sekretaris I Partai Komunis Kuba, menyampaikan belasungkawanya kepada keluarga korban.

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel segera pergi ke lokasi kecelakaan. Di dalam pernyataannya kepada stasiun televisi lokal, ia menyampaikan solidaritasnya buat keluarga korban yang tewas dan mengumumkan penyelidikan untuk menjelaskan penyebab kecelakaan itu sedang berlangsung.

Kecelakaan Jumat (18/5) tersebut adalah kecelakaan terbesa ketiga di Kuba sejak 2010.

Tahun lalu, satu pesawat militer Kuba jatuh di lereng bukit di Provinsi Artemisa di Kuba Barat, sehingga menewaskan delapan prajurit di dalamnya.

Pada November 2010, satu pesawat AeroCaribbean dari Santiago menuju Havana jatuh saat pesawat itu terbang di wilayah Kuba Tengah, sehingga menewaskan 68 orang, termasuk 28 orang asing. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close