Tahun 2020, 13 Kota di Dunia Alami Kenaikan Suhu

KANADA, SERUJI.CO.ID  – Tahun 2020 tiga belas kota di seluruh dunia diproyeksikan mengalami kenaikan suhu yang bisa melebihi dua derajat celsius pada dasawarsa berikutnya, menurut sebuah laporan baru.

Ibu kota Rusia, Moskow, menghadapi peningkatan potensi tertinggi di antara lebih dari 100 kota yang masuk dalam laporan yang dibuat selama beberapa tahun oleh Jaringan Penelitian Perubahan Iklim Urban yang berbasis di Columbia University.

“Semuanya mengkhawatirkan,” ujar William Solecki, salah satu editor penelitian tersebut Selasa (6/3) di sebuah pertemuan iklim yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kota-kota yang akan mengalami kenaikan suhu paling curam selama tahun 2020 antara lain Helsinki di Finlandia (2,5 derajad celsius), Ottawa di Kanada (2,3 derajad celsius) dan Trondheim di Norwegia (2,3 derajad celsius), penelitian tersebut menunjukkan.

Semua prediksi termasuk untuk batas bawah. Misalnya, suhu di Moskow bisa meningkat sedikitnya 1,1 derajad celsius.

Data baru tersebut memberikan pengetahuan dasar bagi kota-kota yang berada di garis depan dalam upaya untuk mengendalikan dampak pemanasan global, kata Cynthia Rosenzweig, editor laporan dan peneliti Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Temuan baru tersebut muncul di rancangan laporan PBB yang telah menyebabkan kewaspadaan dengan proyeksi bahwa kenaikan suhu global melampaui target 1,5 derajat celsius yang disertakan dalam pakta Paris untuk mengurangi pemanasan global.

Selain itu, para ahli mengatakan bahwa badai, banjir dan kejadian cuaca ekstrem lainnya yang terkait dengan perubahan iklim dapat terjadi di kota-kota dengan dampak yang melebihi perkiraan para ilmuwan.

“Bagaimana kota-kota tahu agar mereka harus mengembangkan rencana ketahanan mereka, kecuali jika mereka tahu proyeksi suhu, bagaimana iklim seharusnya berubah di kota mereka?” kata Rosenzweig saat konferensi pers.

Hasil penelitian yang beragam menawarkan sebuah pengingat bahwa kota perlu mengembangkan rencana yang disesuaikan untuk mengurangi dampak perubahan iklim, kata Solecki, seorang profesor di Hunter College di New York.

Perencanaan sangat penting mengingat adanya tekanan dari urbanisasi, katanya.

Sekitar setengah populasi dunia tinggal di daerah perkotaan, dan angka tersebut diperkirakan mencapai 66 persen pada tahun 2050, menurut PBB.

Laporan baru ini diluncurkan di kota Edmonton, Kanada barat, di sela-sela puncak pertemuan global di mana para peneliti dan perencana kota membuat peta jalan bagi kota-kota untuk melawan dampak perubahan iklim. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.