Ini Detik-Detik George HW Bush Lolos dari Maut Saat Pesawatnya Ditembak Pasukan Jepang

0
37
  • 3
    Shares
George H.W. Bush (foto:Business Insider)

NEW YORK, SERUJI.CO.ID – Mendiang mantan presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush, di masa mudanya pernah bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sebagai pilot. Ia terbang dalam misi pengeboman terhadap pasukan Jepang selama Perang Dunia II.

Ia belajar tentang serangan Jepang di Pearl Harbor saat remaja. Tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-18 (tahun 1942), ia terdaftar di US Naval Reserve. Sehingga ia menjadi salah satu penerbang termuda di Angkatan Laut AS.

Ia pun ditugaskan sebagai seorang petugas fotografi yang menggunakan skuadron torpedo.

Sebagaimana dilansir dari Business Insider, Ahad (2/12), Perpustakaan dan Museum Kepresidenan George Bush merilis arsip mendiang George H.W. Bush. Arsip rekaman itu memperlihatkan proses evakuasi Bush saat pesawat angkatan lautnya ditembak jatuh pada Perang Dunia II.

Pesawat Bush berjenis Avenger TBM dihantam tembakan dari pasukan Jepang di dekat pulau Chichi Jima di Pasifik, pulau yang dijaga ketat dan digunakan pasukan Jepang untuk komunikasi dan pasokan persenjataan.

Dua awak Bush tewas dalam serangan tersebut. Situasi menegangkan terjadi, mesin pesawat terbakar hebat. Bush muda berupaya menyelamatkan diri.

Ia keluar dari pesawat dengan perlengkapan penyelamatan darurat. Terjun ke laut dan menunggu rakit karet selama empat jam. Bush akhirnya diselamatkan oleh USS Finback, kapal selam penyelamat (lifeguard).

Setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, Bush diberhentikan dengan hormat dari tugas aktif. George HW Bush melanjutkan pendidikan ke Universitas Yale.

Untuk menghormati sosok George HW Bush, Kapal induk USS George H.W. Bush (CVN 77) diberi nama sesuai nama Bush pada tahun 2006.

“Warisannya hidup di dalam mereka yang mengenakan seragam bangsa kami yang besar dan di dalam kapal perang perkasa yang menyandang namanya, [CVN 77 George H.W. Bush]. “Semoga ia beristirahat dengan damai,” tulis US Naval Air Forces dalam kicauan di Twitter.

Berikut video penyelamatan Bush setelah pesawatnya dihantam pasukan Jepang.

Sebagaimana diberitakan, George HW Bush meninggal dunia di usia 94 tahun pada Jumat (30/11) malam. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU