Tiga Hacker Ditangkap, Polda Jatim Berhasil Sita Puluhan BB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Anggota Unit II Subdit V Drektorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim berhasil meringkus tiga tersangka hacker, lantaran kedapatan melakukan tindak pidana spamming dan carding yakni pencurian data kartu kredit milik orang lain.

Ketiga tersangka berinisial, IIR (27) dan Zu asal Malang (27) serta HKD (36) asal Bojonegoro. Diketahui ketiganya mulai tahun 2015 sampai 2018 melakukan aksi kejahatan tersebut.

Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara mengatakan pada 15 Maret pihaknya menindaklanjuti informasi dugaan adanya hacker yang melakukan spamming dan carding terhadap akun Apple dan Paypal dengan menggunakan sistem elektronik di wilayah Kabupaten Malang.

“Berdasarkan Informasi yang diperoleh kepolisian, diketahui bahwa pelaku hack akun apple dan Paypal dilakukan tersangka IIR di Malang,” ungkap Arman di Mapolda Jatim kepada wartawan, Selasa (20/3).

Selanjutnya, Arman menjelaskan petugas melakukan pelacakan terhadap keberadaan para pelaku Hack tersebut dan berdasarkan informasi data secara teknis bahwa pelaku mempunyai jaringan yang tersebar di beberapa Kota sebagai agen buyer/penadahnya

“Dalam melakukan aksinya, tersangka hacker tersebut ternyata memiliki komunitas tersendiri di Media Sosial Facebook yang disebut Kolam Tuyul,” terangnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Krisis Akal Budi

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.