Ajukan Tahanan Kota, Ratna Sarumpaet Dijamin Keluarga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin, menjanjikan kliennya kooperatif menjalani penyidikan kasus kebohongan publik yang ditangani Polda Metro Jaya.

“Kami menjamin akan mempermudah jalannya proses hukum ini,” kata Insank di Jakarta Senin (8/10)

Insank mengatakan pihak keluarga menjadi jaminan untuk mengajukan permohonan status tahanan kota bagi Ratna Sarumpaet. Pihaknya melengkapi persyaratan agar penyidik mengabulkan permohonan penangguhan tahanan kota bagi aktivis berusia 70 tahun itu.

Ditegaskan Insank, keluarga juga menjamin Ratna tidak akan melarikan diri, menghilang barang bukti, maupun mengulangi kembali tindak pidana.

Selain lantaran seorang tokoh perempuan, Insak menyatakan alasan pengajuan tahanan kota karena Ratna tergolong lanjut usia sehingga dapat mengganggu kondisi fisik dan mental, serta tidak dapat beraktivitas bebas di ruang tahanan.

Insank menambahkan kliennya itu harus rutin mengonsumsi obat setiap hari dan terlihat keletihan menjalani pemeriksaan maraton.

Terkait penangkapan di bandara, Insank menjelaskan Ratna tidak berniat melarikan diri. Ia berencana menghadiri festival budaya di Chili yang dibiayai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Penyidik Polda Metro Jaya memutuskan menahan Ratna selama 20 hari berdasarkan surat nomor: SPhan/925/10/2018 Dit.Reskrimum Polda Metro Jaya tertanggal 5 Oktober 2018. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama