Aset Mantan Wali Kota Madiun Satu per Satu Disita KPK

MADIUN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah aset milik Wali Kota Madiun nonaktif, Bambang Irianto (BI) yang diduga hasil tindak pidana pencucian uang (TPPU). KPK melakukan penyegelan di sejumlah aset milik Wali Kota Madiun nonaktif Bambang Irianto (BI), Rabu(22/2). Penyegelan dengan sistem cor, dilakukan dengan memasang papan plang oleh petugas tim penyidik KPK.

Aset yang dilakukan penyegelan di antaranya  menyita kantor DPC Partai Demokrat di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pangongangan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Rabu (22/2) siang. Kemudian, lahan (kebun) yang difungsikan untuk peternakan dan pembibitan di Jalan Tanjung Raya, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman.

Tim penyidik berjumlah lebih lima orang memasang dua plang papan sita. Penyegelan tersebut juga didampingi Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Madiun. Papan plang penyitaan tersebut dilengkapi logo KPK bertuliskan tanah dan bangunan telah disita dalam rangka perkara tindak pidana pencucian uang.

Petugas ukur dari BPN Kota Madiun yang mendampingi penyitaan, Puguh Budijono menyatakan, lahan BI di Kelurahan Manisrejo hanya ada satu bidang. Ia menyatakan siap jika diminta tim penyidik melakukan pengukuran lahan. “Iya hanya ada satu, seluas 3.262 meter persegi,”ungkapnya.

Sementara itu, Supriyanto, pengelola kebun menyatakan, ia ditelpon dari salah satu orang yang berkantor di Jalan Jawa untuk segera ke kebun, karena ada KPK. “Tadi di telepon nyuruh saya ke kebun, katanya ada KPK,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, selain perkara dugaan TPPU, KPK terlebih dulu mendalami dugaan gratifikasi dan korupsi yang disangkakan terhadap Bambang Irianto. Tim antirasuah kini menjerat Wali Kota Madiun nonaktif Bambang Irianto ke dalam beberapa perkara. Perkara tersebut, yakni gratifikasi, korupsi, dan TPPU atas pembangunan mega proyek Pasar Besar Madiun (PBM) senilai Rp 76,5 miliar tahun 2009-2012.

Atas tindakannya, Bambang  Irianto disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 b atau pasal 11 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Negeri Bohong

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.