Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Bus-bus Wonderful Indonesia yang menampilkan beragam keindahan di Tanah Air beroperasi di Berlin, sebulan penuh. Pengoperasian bus Wonderful Indonesia itu selain untuk menyemarakkan penyelenggaraan Internationale Tourismus Borse (ITB) 2019 Berlin, juga untuk promosi pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Berlin, Rabu (6/3) malam, melalui juru bicaranya, Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti, kepada SERUJI, Kamis (7/3) di Jakarta menjelaskan, ITB 2019 adalah ajang berkumpulnya wholesellers, buyers dan sellers pariwisata dari seluruh dunia.

Menyambut digelarnya bursa pariwisata terbesar di dunia tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kemenpar menggenjot promosi dengan memanfaatkan jalur transportasi Berlin.

Dengan memanfaatkan bus-bus yang beroperasi melayani berbagai rute sebagai media branding pariwisata Indonesia maka semua mata di Berlin akan memperhatikan Indonesia.

“Hasilnya sangat menarik dan impresif dari foto-fotonya yang ditempel di badan bus. Buktinya banyak orang melakukan selfie dengan latar belakang bus-bus Wonderful Indonesia,” kata Menpar.

Bus dengan Branding Wonderful Indonesia Terpasang Hingga Akhir Maret 2019

Bus Wonderful Indonesia
Bus bus Wonderful Indonesia yang beroperasi di Berlin selama sebulan penuh hingga akhir Maret 2019. (Foto:Humas Kemenpar)

Bus Wonderful Indonesia tersebut melewati berbagai rute di antaranya Tauentzienstraße, Checkpoint Charlie, Lustgarten, East Side Gallery, Strausberger Platz, Mauerpark, Hauptbahnhof, dan Brandenburg Tor, Siegessäule. Rute itu merupakan rute dengan tingkat keramaian tinggi.

Rencananya, Branding Wonderful Indonesia akan terpasang di bus-bus itu sampai akhir Maret 2019.

Beragam gambar destinasi yang menghiasi bus merupakan lokasi yang selama ini menjadi favorit wisman ke Indonesia di antaranya Borobudur Joglosemar, Pink Beach Komodo Labuan Bajo, Gebogan Bali, Gandrung Sewu Banyuwangi, Bromo, Raja Ampat Papua, Wae Rebo dan Pulau Padar NTT, juga Danau Toba di Sumut.

Menpar mengatakan langkah ini diambil untuk mencuri perhatian industri pariwisata dunia yang berkumpul di Berlin. Terlebih pelaku industri dari 180 negara, 1.000 top buyers, 10.000 peserta pameran, dan 160.000 pengunjung hadir di kota itu. Mereka datang H-1, mengeksplorasi destinasi wisata di Berlin.

Cara ini sejatinya sudah dilakukan Menpar sejak ajang EURO Cup 2016 di Prancis. Hal ini bisa membuat kesan seolah Wonderful Indonesia turut serta menjadi sponsor penyelenggaraan Piala Eropa, salah satu kompetisi sepakbola 4 tahunan antar-negara Eropa yang paling dinanti. Ketika jutaan orang berkumpul di Paris, bus-bus yang beroperasi dan berkeliling di kota itu juga dibranding dengan gambar atraktif bertema Wonderful Indonesia.

ITB Berilin 2019 Merupakan Pameran Wisata Terbesar Dunia

Bus Wonderful Indonesia
Bus bus Wonderful Indonesia yang beroperasi di Berlin selama sebulan penuh hingga akhir Maret 2019. (Foto:Humas Kemenpar)

ITB Berlin adalah pameran bisnis terkemuka untuk wisata global. Perusahaan yang diwakili dalam pameran itu meliputi hotel, tempat wisata, operator tur, penyedia sistem, penerbangan, dan perusahaan penyewaan mobil, dan industri lainnya yang terkait dengan 3A (Atraksi, Akses dan Amenitas).

Adapun tokoh-tokoh yang hadir dan memberikan sambutan dalam acara opening ceremony pada Selasa malam (5/3) adalah CEO Messe Berlin Dr. Christian Göke, Wali Kota Berlin Michael Müller, President German Travel Assosiation (DRV) Norbert Fiebig, Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili, Minister of Tourism, serta Arts and Culture Malaysia YB Datuk Mohamaddin bin Ketapi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.