Masjid Hubbul Wathon, Ikon Baru Pariwisata NTB

MATARAM – Bermenara setinggi sembilan puluh sembilan meter, Masjid Hubbul Wathon, Islamic Center, Nusa Tenggara Barat, menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi para pelancong saat berkunjung ke Lombok. Saking megahnya, Masjid ini tak ubahnya seperti istana.

Masjid Hubbul Wathon mulai dibangun sejak kepemimpinan Gubernur NTB, DR. KH.M. Zainul Majdi, MA. Berdiri di atas lahan seluas 7,6 hektar, realisasi pembangunannya dimulai pada tahun 2011. Peletakan batu pertama Masjid tersebut melibatkan Da’i kondang tanah air, KH. Muhammad Arifin Ilham. Total dana yang dihabiskan untuk pembangunan Masjid ini menncapai 350 Miliar yang bersumber dari APBD dan CSR PT. Newmount Nusa Tenggara.

Masjid Hubbul Wathon, berdiri tegak di jantung kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya yang cukup strategis, di sudut Jalan Udayana dan Jalan Langko, membuat Masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua dan kaula muda. Mereka ingin merasakan “sensasi” beribadah di dalamnya, bahkan ada yang cuma mampir untuk sekedar ber-selfi ria.

Kemegahan Masjid ini semakin terasa, kala kita menjejak kaki ke dalam. Bangunan berlantai empat tersebut, dilengkapi dengan dua pasang eskalator yang siap mengantarkan kita di aula utama yang terletak di lantai dua. Sesampai di sana, karpet tebal dengan dominasi corak warna merah, akan membuat setiap hentakan kaki kita akan terasa empuk. Sungguh nyaman rasanya.

Bila kita memandang ke sekeliling aula, mata kita langsung akan dibuat lupa berkedip. Ornamen kaligrafi yang menghiasi dindingnya, dengan pancaran warna kuning keemasan, membuat sensasi ruangannya tak ubahnya seperti istana.

Jangan dulu terpana sampai di situ, sebelum Anda melihat-lihat gaya arsitektur bangunan bagian luarnya.

Sentuhan arsitektur modern dengan paduan bale lumbung (rumah adat suku sasak, suku terbesar yang mendiami pulau Lombok), akan menambah kesan futuristik bangunan ini. Dan Bila malam tiba, lampu kristal warna-warni dengan tarian cahaya yang mengangumkan akan melukis setiap sisi kubah utama Masjid ini, sehingga tampak begitu eksotic. Tak percaya? langsung saja datang dan Anda buktikan sendiri.

Kompleks Islamic Center sendiri, kedepannya diproyeksikan menjadi pusat peradaban Islam. Di dalamnya akan dibangun fasilitas-fasilitas pemberdayaan ummat, seperti sekolah, hotel, pertokoan, gedung pertemuan, perpustakaan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Islamic Center ini, nantinya akan menjadi ikon Pariwisata Halal NTB di mata dunia Internasional.

Keterangan foto: Masjid Hubbul Wathon di waktu malam (Syamsul/NTB)

Reporter : Denni

Editor   : Denni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.