Masjid Hubbul Wathon, Ikon Baru Pariwisata NTB

MATARAM – Bermenara setinggi sembilan puluh sembilan meter, Masjid Hubbul Wathon, Islamic Center, Nusa Tenggara Barat, menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi para pelancong saat berkunjung ke Lombok. Saking megahnya, Masjid ini tak ubahnya seperti istana.

Masjid Hubbul Wathon mulai dibangun sejak kepemimpinan Gubernur NTB, DR. KH.M. Zainul Majdi, MA. Berdiri di atas lahan seluas 7,6 hektar, realisasi pembangunannya dimulai pada tahun 2011. Peletakan batu pertama Masjid tersebut melibatkan Da’i kondang tanah air, KH. Muhammad Arifin Ilham. Total dana yang dihabiskan untuk pembangunan Masjid ini menncapai 350 Miliar yang bersumber dari APBD dan CSR PT. Newmount Nusa Tenggara.

Masjid Hubbul Wathon, berdiri tegak di jantung kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya yang cukup strategis, di sudut Jalan Udayana dan Jalan Langko, membuat Masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua dan kaula muda. Mereka ingin merasakan “sensasi” beribadah di dalamnya, bahkan ada yang cuma mampir untuk sekedar ber-selfi ria.

Kemegahan Masjid ini semakin terasa, kala kita menjejak kaki ke dalam. Bangunan berlantai empat tersebut, dilengkapi dengan dua pasang eskalator yang siap mengantarkan kita di aula utama yang terletak di lantai dua. Sesampai di sana, karpet tebal dengan dominasi corak warna merah, akan membuat setiap hentakan kaki kita akan terasa empuk. Sungguh nyaman rasanya.


Bila kita memandang ke sekeliling aula, mata kita langsung akan dibuat lupa berkedip. Ornamen kaligrafi yang menghiasi dindingnya, dengan pancaran warna kuning keemasan, membuat sensasi ruangannya tak ubahnya seperti istana.

Jangan dulu terpana sampai di situ, sebelum Anda melihat-lihat gaya arsitektur bangunan bagian luarnya.

Sentuhan arsitektur modern dengan paduan bale lumbung (rumah adat suku sasak, suku terbesar yang mendiami pulau Lombok), akan menambah kesan futuristik bangunan ini. Dan Bila malam tiba, lampu kristal warna-warni dengan tarian cahaya yang mengangumkan akan melukis setiap sisi kubah utama Masjid ini, sehingga tampak begitu eksotic. Tak percaya? langsung saja datang dan Anda buktikan sendiri.

Kompleks Islamic Center sendiri, kedepannya diproyeksikan menjadi pusat peradaban Islam. Di dalamnya akan dibangun fasilitas-fasilitas pemberdayaan ummat, seperti sekolah, hotel, pertokoan, gedung pertemuan, perpustakaan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Islamic Center ini, nantinya akan menjadi ikon Pariwisata Halal NTB di mata dunia Internasional.

Keterangan foto: Masjid Hubbul Wathon di waktu malam (Syamsul/NTB)

Reporter : Denni

Editor   : Denni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap KONI

"KPK telah tiga kali yakni pada 31 Juli, 2 Agustus, dan 21 Agustus 2019 mengirimkan panggilan untuk meminta keterangan, tapi IMR tidak pernah datang. KPK sudah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberi keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan," ujar Marwata.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

Akhirnya, KPAI Cabut Surat Permintaan Penghentian Audisi Bulu Tangkis Djarum

Kesepakatan itu diambil usai pertemuan antara KPAI dengan PB Djarum yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari ini di Kantor Kemenpora, Jakarta, hari ini, Kamis (12/9).

Habibie Berpulang dengan Didampingi Anak-Cucu dan Keluarga Dekat

Presiden ke-3 RI Burhanuddin Jusuf Habibie saat wafat di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9), ditemani oleh keluarga dekat termasuk kedua anak dan cucu-cucunya.

Innalillahi, Presiden ke-3 RI BJ Habibie Wafat Pada Pukul 18.05 WIB

Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta Rabu pukul 18.05 WIB, menurut Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi