Lelahnya ke Merbabu Membawa Kepuasan

MAGELANG – Sebagian besar pendaki, pasti mengenal gunung Merbabu. Sebuah gunung yang letaknya berada di 4 kabupaten ini memang spesial.

Gunung Merbabu ini merupakan sebuah gunung Api yang pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dengan ketinggian 3.142 Mdpl (10.630 kaki) membuat gunung ini, termasuk gunung yang cukup sulit didaki.

Gunung Merbabu berada di Kabupaten Magelang (lereng barat), Kabupaten Semarang (lereng utara), Kabupaten Boyolali (lereng timur) , Kabupaten Salatiga (lereng Selatan), Jawa Tengah.

Cukup banyak jalur pendakian yang bisa dilalui untuk sampai ke puncaknya. Tetapi ada 3 jalur pendakian utama yakni Selo, Cunthel serta Wekas. Jalur Selo berada di wilayah Boyolali, jalur Cunthel berada di wilayah Kopeng dekat Kota Salatiga, sedangkan jalur Wekas berada di wilayah Magelang. Dari masing-masing jalur, membutuhkan waktu rata-rata 8 s/d 10 jam untuk bisa sampai ke puncak Merbabu.

Gunung Merbabu memiliki 3 puncak, yaitu puncak Kenteng Songo yang berada di tengah (3.142 Mdpl), Triangulasi yang berada di kiri (3.142 Mdpl), dan puncak Syarif yang berada di kanan (3.119 Mdpl). Dari puncak Gunung Merbabu kita bisa melihat beberapa gunung di Jawa Tengah antara lain Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, serta Gunung Lawu yang sangat luar biasa.

Gunung Merapi merupakan gunung terdekat dari Gunung Merbabu, sehingga gunung ini akan terlihat sangat jelas dari Gunung Merbabu.

Gunung Merapi dilihat dari puncak Merbabu.

Gunung Merbabu mempunyai trek yang cukup sulit, terutama untuk jalur selain Selo. Jalur Selo cenderung lebih mudah karena jalurnya yang melewati perkebunan dan padang sabana yang berbukit-bukit.

Pemandangan indah yang akan Anda dapatkan di Gunung Merbabu merupakan hal yang luar biasa. Momen sunrise adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pendaki. Matahari terlihat tanpa adanya penghalang.

Ketika musim penghujan, padang rumput akan berwarna hijau yang menyejukkan mata. Ketika musim kemarau, meski lebih berdebu, tapi padang rumputnya akan berwarna kuning keemasan yang tidak kalah indahnya. Selain itu, tidak jauh dari puncak, Anda akan mendapati padang rumput yang dipenuhi oleh bunga Edelweis yang cukup luas.

 

Repoter & Foto: Mira S
EDITOR: Harun S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER