Survei: Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot Pada Pilkada Putaran Kedua

2
244
Tingkat Elektabilitas Anies-Sandi yang terus naik meninggalkan Ahok-Djarot. (ilustrasi: Median)

JAKARTA – Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis survei terbaru yang bertema “Paradoks Prilaku Pemilih Pilgub DKI 2017: Adu Kuat Pemilih Rasional VS Pemilih Emosional”. Hasil survei tersebut menempatkan elektabilitas pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Hasil survei yang dilakukan pada tanggal 1-6 April 2017 tersebut menemukan fenomena paradoks antara elektabilitas kedua pasangan calon dan perilaku pemilih warga Jakarta.

Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, paradoks tersebut adalah penilaian terhadap kompetensi dan hasil kenerja pasangan calon dibandingkan dengan elektabilitas mereka.

Pada penilaian kompetensi dan kapabilitas, pasangan Ahok-Djarot dinilai lebih mampu (44,9%) membenahi Jakarta dibanding pasangan Anies-Sandi (40,6%). Saat ditanyakan program kerja siapa yang lebih baik, sebanyak 46,1% responden mengatakan Ahok-Djarot lebih baik sementara Anies-Sandi hanya 39,3%, yang tidak menjawab 14,6%.

Demikian juga saat responden yang berjumlah 1.200 orang yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta dengan sampling proporsional ini, ditanya tingkat kepuasan mereka terhadap kinerja Ahok-Djarot selama memimpin Jakarta, sebanyak 65,6% responden mengatakan puas.

Namun tingginya penilaian kompetensi, kapabilitas dan tingkat kepuasan pemilih tersebut ternyata tidak serta merta membuat mereka akan memilih Ahok-Djarot dalam pilkada putaran kedua yang akan dilangsungkan pada 19 April nanti.

“Ketika kami tanyakan kepada responden, pasangan mana yang akan Anda pilih menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nanti? Ternyata 49,8 persen responden memilih Anies-Sandi, sementara yang akan memilih Ahok-Djarot hanya 43,5 persen pemilih, sisanya sekitar 6,7 persen belum menentukan pilihan,” kata Rico kepada awak media dalam rilisnya di Jakarta, Senin (10/4).

Survei dilakukan dengan sistem random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi Kotamadya dan Gender, dengan margin of error sebesar +/-2,9% pada tingkat Kepercayaan 95%.

 

EDITOR: Harun S

loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...
Tjahjo Kumolo

Mendagri: Komjen Iriawan Memenuhi Syarat Jadi Pj Gubernur Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Komjen Pol Iriawan memenuhi persyaratan untuk bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Aher yang...

Dua Penumpang KM Sinar Bangun Ditemukan Tewas

SAMOSIR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan menemukan dua orang lagi penumpang KM Sinar Bangun, tewas akibat tenggelam di perairan Danau Toba, Tigaras, Kabupaten Simalungun, dan telah...

Polisi Tembak Kaki Empat Napi yang Kabur

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan Kepolisian Daerah Bali beserta jajaran Kepolisian Resor Kota Denpasar menembak kaki masing-masing empat tahanan yang nekat kabur dari rumah tahanan...