FOKUS

Ghiroh Ummat Bangkit, Ratusan Ribu Penuhi Masjid Istiqlal

1
112

Jakarta – Ghiroh perjuangan tampak mewarnai suasana ummat Islam yang sedang bersatu. Kapasitas Masjid Istiqlal yang mampu menampung 200 ribu jamaah, tampaknya tak mampu menampung ratusan ummat yang hadir berbondong-bondong sejak semalam. Sejak sore hingga tengah malam, mereka sudah memenuhi ruang-ruang masjid. Ada yang sholat tahajud, ada yang istirahat kelelahan, ada yang bersilaturahmi sesama saling berkenalan.

“Kebahagian luar biasa, kami bisa bertemu dengan ratusan ribu saudara kami dari berbagai penjuru nusantara. Ghiroh perjuangan kami makin membara, “tegas Syaiful Bachri, jamaah asal Sidoarjo kepada SERUJI.

Sementara, semalam Forum Ummat Islam (FUI) melakukan rapat akhir panitia Tausiyah dan Dzikir Nasional yang akan digelar di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (11/2) atau yang disebut Aksi 112 untuk pengaturan teknis jama’ah.

” Tausiyah dan Dzikir Nasional 112 Forum Ummat Islam (FUI) yang didukung penuh GNPF-MUI dilaksanakan di Masjid Istiqlal, hari Sabtu 11 Februari 2017 sejak Subuh hingga selesai, ” tegas Bernard Abdul Jabbar, Koordinator Lapangan FUI.

Rombongan dari luar Kota Jakarta tambahnya, diharapkan langsung menuju Masjid Istiqlal sejak sebelum Subuh, Qiyam, dan Subuh Berjama’ah. Sementara rombongan dari dalam Kota Jakarta dan sekitarnya, berangkat setelah Sholat Subuh. Seluruh Masjid di DKI Jakarta melaksanakan Sholat Subuh Berjama’ah, kemudian dilanjutkan tausiyah tentang Al-Maidah di masing-masing Masjid. Setelah itu sarapan bersama, lalu konvoi/ longmarch menuju Masjid Istiqlal.
<!nextpage–>
“Daya tamping Masjid Istiqlal adalah 200.000 orang. Sementara jumlah peserta akan lebih dari itu. Jika Masjid sudah penuh, jama’ah bisa mengambil tempat duduk di halaman Masjid, hingga ke jalan. Panitia akan mengarahkan shafnya. Di titik-titik sudut sekitar Masjid Istiqlal akan ada mobil soundsystem yang akan mengarahkan peserta. Demi suksesnya acara, seluruh peserta wajib tunduk arahan panitia.”

Panitia menghimbau, pada Sabtu besok (11/2) seluruh peserta 112 sebisa mungkin menjaga diri dari kemungkinan provokasi yang boleh jadi akan merugikan kita. Hiasi hari esok dengan dzikir, shalawat dan tilawah Al-Qur’an.

“Kalau ada provokator atau ancaman dan gangguan, segera amankan provokator dan laporkan kepada keamanan. Petugas keamanan memakai syal bertanda khusus. Ada 19 titik posko keamanan di dalam Masjid dan di sekitar Masjid Istiqlal. Tenaga Medis cukup lengkap, mulai dari penanganan medis, hingga bekam. Pintu masuk akhwat diarahkan di pintu Masjid depan Pertamina. Sementara pintu masuk peserta laki-laki, berada di pintu utama Katedral dan Stasiun.”

Untuk memudahkan koordinasi, panitia menyebarkan nomor koordinator kemanan: 081390909026 dan jika ada peserta yang akan menyumbang konsumsi, bisa menghubungi Bagian Konsumsi. Nomor Koordinator Konsumsi: 081212579491. (Iph)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Kemkominfo Blokir Laman Nikahsirri.com

PALEMBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika menyatakan pihaknya memblokir situs nikahsirri.com karena telah meresahkan masyarakat. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala...
Yohana Yambise

Muncul Situs Kawin Kontrak-Lelang Perawan, Menteri Yohana Angkat Mengecam

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise melarang lelang perawan dan kawin kontrak seperti penawaran yang beredar melalui situs nikahsirri.com. Dia mengatakan...

Kirim Bantuan ke Rohingya di Myanmar, Pekerja Sosial Hadapi Rintangan Berat

SITTWE - Lembaga-lembaga bantuan yang berusaha keras untuk mencapai ratusan ribu Muslim Rohingya yang terlantar akibat kekerasan di bagian barat laut Myanmar menghadapi permusuhan...

Jaringan Kabel Listrik Jembatan Suramadu Terbakar

SURABAYA - Jaringan kabel listrik jembatan Surabaya-Madura terbakar sehingga petugas mengalihkan arus lalu lintas di jembatan tersebut. "Yang kami alihkan adalah arus kendaraan roda yang menuju...

Rumah Doa Anak Yatim Pelihara Ratusan Ternak

BOGOR - Rumah Doa Anak Yatim yang terletak di Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki aset ratusan ekor tenak mulai dari...
ott, korupsi

Basaria: Kasus Suap Wali Kota Cilegon Mengecewakan

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan kekecewaannya dengan kasus dugaan suap senilai Rp1,5 miliar terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Imam Ariyadi terkait...