PKS Enggan Disebut Berkoalisi Dengan PDIP, Ini Tanggapan Gus Ipul

2
2959
Gus Ipul
Cagub Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. (Foto: Amal/SERUJI).

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul memastikan rekomendasi empat parpol pengusung PKS, PDI Perjuangan, PKB, dan Gerindra tidak sebatas koalisi dengan calon yang diusung. Kata Gus Ipul, empat parpol itu juga berkoalisi untuk bekerjasama antar parpol untuk pemenangan pemilihan kepala daerah Jawa Timur 2018.

“Saya ingin meluruskan karena ada framing yang salah yang ditangkap media. Saya melihat judulnya salah padahal pernyataan Pak Hidayat Nur Wahid tidak begitu karena koalisi dengan PKS ini termasuk juga bekerjasama dengan parpol,” kata Gus Ipul menanggapi pemberitaan di sebuah media yang menyatakan bahwa PKS hanya kerjasama dengan Gus Ipul bukan dengan parpol pendukung lainnya, di Surabaya, Jumat (12/1).

Padahal, kata Gus Ipul, kerjasama antara PKS dengan beberapa parpol seperti yang ada di Jawa Timur juga terjadi di beberapa daerah lainnya di luar Jawa Timur.

“Saya minta semua pimpinan partai fokus pemenangan. Karena ini koalisi dengan partai dan kandidat sudah final, sekarang fokusnya pada pemenangan,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, koalisi dengan PKS memang sudah dijajaki sejak lama, apalagi PKS sejak Pilkada 2008 juga telah mendukung Gus Ipul. Namun tidak hanya dengan PKS, parpol lainnya juga telah dijalin komunikasi sejak lama seperti dengan PDI Perjuangan dan PKB.

“Di rekomendasi calon yang dikeluarkan PKS juga memuat nama saya sebagai calon gubernur dan Mbak Puti (Puti Guntur Soekarno, red),” ujarnya.

Terkait pernyataan Hidayat Nurwahid yang dipelintir media ini, Gus Ipul mengaku juga telah menelpon Ketua DPW PKS Jawa Timur Arif Hari Setiawan dan Sekretaris DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan.

“Ustad Arif bilang pernyataan itu dipelintir karena PKS tidak bermasalah dengan parpol-parpol pendukung lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sebuah pemberitaan di media menyebutkan PKS enggan disebut berkoalisi dengan PDI Perjuangan meski mendukung Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Sukarno di ajang Pilgub Jawa Timur 2018.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan dukungan yang diberikan PKS lebih kepada sosok Gus Ipul karena dianggap berprestasi memimpin Jawa Timur sebagai wakil gubernur petahana.

“Sekali lagi saya tegaskan kami (PKS) koalisi dengan Gus Ipul. Karena tidak ada koalisi antarpartai, yang ada koalisi dengan kandidat. Partai itu pada pemilihan presiden, dikatakan diajukan oleh parpol atau gabungan dari parpol begitu kata UU,” kata Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/1). (Amal/SU05)

2 KOMENTAR

  1. Inilah resiko demokrasi yg diatur UU Pemilu dg pembatasan calon.Harus berjuang bgmana setiap partai bisa mengajukan.calon sendiri dan masyarakat yg akan memilih..mengurangi transaksional antar partai dan calon kada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Gempa Banten

PMI Sukabumi Siapkan Tim Evakuasi Korban Gempa

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyiapkan tim evakuasi korban gempa bumi pascabencana gempa tektonik yang berpusat di Kabupaten...
China International Import Expo

Durian Sumut Pasar Potensial di China International Import Expo

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Durian asal Sumatera Utara merupakan buah yang sangat potensial dipromosikan di Tiongkok. Sumut dapat memanfaatkan penyelenggaraan China International Import Expo (CIIE) di...
gempa di banten

Gempa Banten Terasa Hingga Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Guncangan gempa tektonik berkekuatan 6,4 skala Richter di Barat Daya Lebak, Banten, terasa hingga wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (23/1)...
Pilgub Jatim 2018

Tim Koalisi Parpol Akan Gelar Rakor Strategi Pemenangan Khofifah-Emil

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai pendukung pasangan Khofifah-Emil dalam waktu dekat akan menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk membahas strategi pemenangan pasangan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim...
Gempa Banten

Gempa Tektonik di Lebak Hancurkan 311 Rumah

LEBAK, SERUJI.CO.ID - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, hingga menghancurkan sebanyak 311 rumah tersebar di 12 kecamatan. Pusat gempa...
loading...

Abu Dzar al Ghifari, Kemilau di Antara Sarang Penyamun

Abu Dzar al Ghifari merupakan salah satu sahabat yang pertama memeluk islam yang disebut “assabiqunal awwalun”. Dia berasal dari bani Ghifar, sebuah suku yang...

Presiden lupa dengan janji-janjinya, Abai terhadap Rakyatnya

(Lupa Menyebabkan Manusia Abai akan Akhirat) Pada dasanya, manusia itu “pelupa”. Inilah sebabnya, Allah memerintahkan kepada orang beriman untuk menulis perjanijan di antara mereka, dengan...
Pariwisata Bali

Sisi Lain Pariwisata Bali

Ketika mendengar nama Bali, orang akan membayangkan pantai Kuta yang Indah dengan para bule berjemur memakai bikini. Ditengah hamparan pasir pantai yang landai dan...