close

Khofifah-Emil Nyatakan Siap Sejahterakan Masyarakat Desa Hutan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –  Pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak menyatakan siap menyejahterakan masyarakat desa hutan.

“Tadi saya sudah bertemu dengan sejumlah tokoh pegiat kelestarian hutan di Jombang. Hasil pertemuan telah kami catat sebagai bagian dari navigasi program Nawa Bhakti Satya untuk menyejahterakan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis (31/5) malam.

Mengutip data Wahana Lingkungan Hidup, luas hutan di Jawa Timur saat ini sekitar 1.357.206,3 hektare, dengan rincian hutan produksi 881. 889,5 hektare, hutan konservasi 233.117,5 hektare dan hutan lindung 312. 636,5 hektare.

Wahana Lingkungan Hidup juga mencatat 30 persen hutan di Jawa Timur mengalami deforestasi setiap tahunnya akibat aktivitas konversi lahan, penebangan liar, kebarakaran dan erosi, yang tentunya juga mengancam kehidupan Masyarakat Desa Hutan (MDH).


“Untuk itu kesejahteraan masyarakat desa hutan akan jadi salah satu prioritas kami,” katanya.

Emil menjanjikan akan mendorong penguatan hutan sebagai sentral transformasi ekonomi yang beralih ke pengolahan dan jasa perdagangan.

Dia mencontohkan “Science Techno Park” yang sedang dirintis Universitas Brawijaya sangat berguna untuk mengembangkan minyak atsiri.

“Komoditas ini banyak ditanam di daerah hutan. Dengan begitu hasil hutan mampu dikelola lagi dengan nilai jual yang lebih tinggi,” ucapnya.

Bupati Trenggalek yang sedang cuti karena sedang megikuti Pilkada Jatim itu menekankan jangan sampai masyarakat desa hutan menjadi kantong kemiskinan.

“Saya tetap bersikukuh bahwa kawasan-kawasan tertentu yang memiliki proporsi area hutan yang luas, masyarakatnya berhak untuk maju. Masayarakatnya juga harus tetap menjaga kawasan hutan agar tetap menjadi paru-paru bagi pulau Jawa. Ini menjadi fokus kami untuk mengentaskan kemiskinan di daerah pedesaan,” ujarnya.

Emil berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa akan mengikuti Pilkada Jatim, yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Juni, diusung oleh koalisi partai politik Demokrat, Golkar, Nasdem, Hanura, PPP dan PAN. Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Jatim 2018 adalah Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Waktu Pengambilan “Token” PPDB SMP di Denpasar Diperpanjang

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora)...

Legislator: Penerapan Sistem Zonasi PPDB Seharusnya Bertahap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat...

Disdikbud Tingkatkan Pengawasan PPDB di Cianjur

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cianjur, Jawa...

Wagub Banten Minta Disdikbud Pastikan Tidak Ada Kendala Dalam PPDB 2019

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

TERPOPULER