Flash: Jonru Ginting Ditahan, Setelah Pemeriksaan Hingga Dini Hari

14
2338
Jonru ditahan
Jonru Ginting sedang membaca Alquran di ruang pemeriksaan cybercrime Polda Metro Jaya, didampingi kuasa hukumnya, Renaldy Erwin. (Foto: SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Aktivis Muslim yang banyak bergerak di media sosial, Jonru Ginting akhirnya ditahan oleh penyidik direktorat Cybercrime Polda Metro Jaya, Jakarta setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan sebagai saksi terlapor.

“Betul, sekitar pukul 2.45 dini hari tadi, Penyidik menetapkan Jonru sebagai tersangka dan melakukan penahanan,” jelas Renaldy Erwin, kuasa hukum Jonru Ginting, saat di konfirmasi SERUJI, Jumat (29/9).

Erwin yang mendampingi Jonru saat pemeriksaan mengungkapkan keberatannya atas proses penahanan Jonru yang ia nilai berlebihan.

“Penahan ini terkesan sangat dipaksakan, walau memang penyidik punya hak subjektifitas melakukan penahanan, karena Jonru baru diperiksa sebagai saksi terlapor, baru pertama kali diperiksa, dan belum pernah ada gelar perkara untuk kasus yang dituduhkan,” ujar Erwin.

Dijelaskan juga oleh Erwin, bahwa penyidik dari Polda Metro Jaya yang menangani kasus ini, melakukan pemeriksaan dari hari Kamis (28/9), pukul 15.30 WIB siang, dan Jonru terus dicecar dengan berbagai pertanyaan yang berubah-rubah, hingga Jumat (29/9) dini hari, pukul 2.45.

“BAP berubah-rubah, kami menandatangani berkali-kali, berubah-rubah dari malam, hingga beberapa kali, sehingga pada pukul 2.45 dini hari ditetapkan sebagai tersangka, dan dilakukan penahanan,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Erwin, Jonru Ginting tetap tegar dan tabah menghadapi penetapan dan penahanan dirinya yang dilakukan polisi.

“Mas Jonru tegar, ia siap menghadapi tuduhan-tuduhan yang dialamatkan pada dirinya, yang jelas sangat dipaksakan,” pungkas Erwin.

Untuk diketahui, Jonru dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian terkait statusnya di Facebook yang menulis ajakan untuk tidak sholat Idul Fitri 1438H di masjid Istiqlal karena Imamnya Prof. Quraish Shihab.

Saat ini Jonru ditahan di Rutan Cybercrime Polda Metro Jaya. (Arif R/Efka/Hrn)

loading...

14 KOMENTAR

  1. Dari jaman nabi ibrahim org benar selalu dimusuhi penguasa. Mengapa Nabi Ibrahim di bakar ? Karena menyampaikan kebenaran. Tp 1 yg harus diingat betul. Karena apa mereka ditahan.. dihukum.. ? Kalau karena membela kalimat Allah..dia termasuk org2 yg beruntung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...