DPR Minta Aksi 212 Berlangsung Tertib


JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto menilai Aksi 212 di Gedung DPR/MPR ┬áSelasa (21/2) merupakan hak masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasi. Dia berharap masyarakat yang ikut bisa bersikap tertib sehingga tidak menimbulkan kericuhan.

“Masalah demo itu hak rakyat. Kita harapkan semuanya berjalan tertib aman, dan semua kita serahkan kepada aparat, baik kepolisian dan TNI untuk bisa memberikan komunikasi yang baik,” kata Novanto di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (20/2).

Dia mengimbau kepada peserta aksi yang ikut dalam demo itu untuk mengikuti aturan yang berlaku sehingga demo berjalan dengan tertib. Novanto, mengatakan terkait pengamanan di dalam Gedung MPR, DPR, dan DPD, diserahkan kepada pihak kepolisian untuk mengamankan karena merupakan salah satu objek vital negara.

“Dan kita harapkan suasananya dapat berjalan secara tenang dan tidak ada masalah,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto juga berpandangan aksi tersebut merupakan hak warga negara Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya. Namun, menurut dia, yang penting harus dilakukan adalah melaksanakan sesuai dengan aturan. Misalnya harus melaporkan kepada aparat keamanan, aparat penegak hukum, dan tidak boleh berbuat anarkis, tidak melakukan hal-hal yang menjadikan kerugian umum, dan lain sebagainya.

“Kita ketahui memang warga negara mempunyai kewenangan untuk melakukan unjuk rasa. Namun yang penting harus melaksanakannya sesuai dengan aturan,” katanya.

Sebelumnya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI dan Forum Umat Islam (FUI) berencana menggelar aksi 212 untuk mengawal proses hukum calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Berdasarkan pemberitahuan, massa akan beraksi seusai salat Subuh, kemudian beranjak menuju Gedung DPR/MPR RI pukul 07.00 WIB.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close