DPR Minta Aksi 212 Berlangsung Tertib

JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto menilai Aksi 212 di Gedung DPR/MPR  Selasa (21/2) merupakan hak masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasi. Dia berharap masyarakat yang ikut bisa bersikap tertib sehingga tidak menimbulkan kericuhan.

“Masalah demo itu hak rakyat. Kita harapkan semuanya berjalan tertib aman, dan semua kita serahkan kepada aparat, baik kepolisian dan TNI untuk bisa memberikan komunikasi yang baik,” kata Novanto di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (20/2).

Dia mengimbau kepada peserta aksi yang ikut dalam demo itu untuk mengikuti aturan yang berlaku sehingga demo berjalan dengan tertib. Novanto, mengatakan terkait pengamanan di dalam Gedung MPR, DPR, dan DPD, diserahkan kepada pihak kepolisian untuk mengamankan karena merupakan salah satu objek vital negara.

“Dan kita harapkan suasananya dapat berjalan secara tenang dan tidak ada masalah,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto juga berpandangan aksi tersebut merupakan hak warga negara Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya. Namun, menurut dia, yang penting harus dilakukan adalah melaksanakan sesuai dengan aturan. Misalnya harus melaporkan kepada aparat keamanan, aparat penegak hukum, dan tidak boleh berbuat anarkis, tidak melakukan hal-hal yang menjadikan kerugian umum, dan lain sebagainya.

“Kita ketahui memang warga negara mempunyai kewenangan untuk melakukan unjuk rasa. Namun yang penting harus melaksanakannya sesuai dengan aturan,” katanya.

Sebelumnya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI dan Forum Umat Islam (FUI) berencana menggelar aksi 212 untuk mengawal proses hukum calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Berdasarkan pemberitahuan, massa akan beraksi seusai salat Subuh, kemudian beranjak menuju Gedung DPR/MPR RI pukul 07.00 WIB.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Lima Ide Outfit Kondangan Padu Padan Celana dan Atasan

Ide outfit kondangan memakai celana ini bisa jadi andalan bagi anda yang anti ribet.