PSM Makassar

PSM Makassar Taklukkan Madura United 6-1

Evan Dimas

Evan Dimas Pamit dari Bhayangkara FC

UMS Bina Warga Desa Karangbangun Kembangkan Ubi Jalar

0
86
Pembinaan dan pendampingan pengembangan ubi jalar
Pelatihan pengemasan produk olahan ubi ungu. (Foto: Rusdin Rauf/SERUJI)

SURAKARTA, SERUJI.CO.ID – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membina warga Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar untuk mengembangkan ubi jalar.

Desa Karangbangun memiliki potensi yang belum dikembangkan secara optimal. Lokasinya yang strategis yaitu sebagai jalur transportasi utama menuju ke berbagai objek wisata, seperti Astana Giri Layu dan Giri Bangun, serta juga sebagai jalur transportasi menuju Tawangmangu. Potensi yang dapat disinergikan dengan kondisi geografisnya adalah desa ini sebagai sentra produksi ubi jalar KPU (kuning, putih dan ungu).

“Melihat potensi tersebut, UMS bersama dengan Kemenristekdikti, memberikan bantuan pembinaan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Bantuan diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pengolahan ubi jalar menjadi tepung dan berbagai produk pangan olahan,” kata Ketua Pelakasana Program PKM, Rusdin Rauf, melalui keterangan tertulis yang diterima SERUJI, pada Sabtu (4/11).

Dosen Program Studi Ilmu Gizi UMS ini mengungkapkan, program yang dimulai pada Juni 2017 ini telah menghasilkan beberapa produk antara lain cumi-cumi ubi jalar, kembang goyang ubi jalar, dan mi ubi jalar.

Berbagai produk olahan tersebut yang telah dikemas dengan baik, kata Rusdin, telah dipasarkan di sekitar Kecamatan Matesih.

“Kedepannya, pemasaran produk ini akan lebih luas menjangkau konsumen melalui pemasaran secara online,” ujarnya.

Rusdin menyatakan bahwa program ini akan terus dilanjutkan hingga masyarakat Desa Karangbangun dapat berwirausaha secara mandiri.

Pembinaan dan pendampingan pengembangan ubi jalar
Pelatihan pembuatan produk cumi-cumi ubi ungu. (Foto: Rusdin Rauf/SERUJI)

Sementara itu, Dosen Fakultas Farmasi UMS, Dr. Haryoto menambahkan, bahwa nantinya Desa Karangbangun akan dikenal dengan ikonnya sebagai desa olahan ubi jalar.

“Untuk mempertahankan kesinambungan usaha, selain dilakukan pendampingan secara berkala dalam produksi dan pemasaran, juga diberikan pendampingan dalam pembentukan UMKM,” kata Haryoto.

Saat ini, kata dia, telah terbentuk dua UMKM yang secara khusus mengolah ubi jalar yaitu UMKM Bangun Sejahtera dan UMKM Ngudi Rejeki.

“Bantuan mesin dan peralatan pengolahan juga diberikan untuk memberikan kemudahan dalam berproduksi serta memperbaiki mutu produk, seperti mesin penepung, mesin pencetak mi, mesin pencetak cumi-cumi, mesin spinner (peniris minyak), dan mesin pengemas,” terangnya.

Kepala Desa Karangbangun, Karno, sangat mengapresiasi bentuk kerjasama antara UMS dan Desa Karangbangun ini. Kepala Desa tersebut mengharapkan agar kerjasama ini terus berlanjut hingga terwujud Desa Karangbangun yang dikenal sebagai penghasil ubi jalar.

“Untuk itu, kami akan mengalokasikan anggaran untuk menyiapkan lokasi yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai pusat wisata dan pemasaran produk olahan ubi jalar,” ujar Karno. (Rusdin Rauf/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...