KNKS Segera Bentuk Lembaga Wakaf Ventura

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menargetkan lembaga keuangan wakaf Ventura sudah terbentuk pada Oktober 2017. Saat ini, KNKS tengah menunggu regulasi.

“Tadi hampir semua menekankan ‎prinsip kehati-hatian terutama managemen wakaf,” ujar Ketua Harian KNKS, Bambang Brodjonegoro, di Jakarta, Selasa (26/9).

Ia menjelaskan, realisasi wakaf tunai yang tercatat saat ini baru terkumpul Rp22 milyar dan per Januari 2017 terdapat 435.768 kavling tanah wakaf dengan total luas 4,359 miliar meter per segi. Sebagian tanah wakaf dimanfaatkan untuk masjid dan pemakaman umum.

“Kalau syarat OJK untuk membuat lembaga keuangan syariah minimal modalnya Rp25 miliar‎ sedangkan yang konvensional Rp50 miliar,” kata dia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Kepala Bappenas) ini menambahkan, lembaga keuangan wakaf Ventura ini nantinya berbentuk perseroran terbatas (PT). Namun, ‎perusahaan ini memiliki misi sosial untuk memperkuat UMKM. “Sehingga diharapkan nantinya wirausahawan muslim akan bertambah,” kata dia.

Ditambahkan Ketua Umum Ikatan Cendekiwan Muslim, Jimly Asshiddiqie lembaga keuangan wakaf Ventura ini diharapkan dapat mempercepat ekonomi tumbuhnya ekonomi rakyat. Melalui lembaga ini pula, nantinya akan mendorong organisasi kemasyarakatan dapat menjalankan tugas pokoknya yaitu, berdakwah dan tugas sampingan berupa gerakan ekonomi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER