Bank Syariah Mandiri Ingin Rajai Pembiayaan Ritel

JAKARTA – Bank Syariah Mandiri (BSM) ingin menjelma menjadi bank syariah yang menguasai pembiayaan ritel di tahun 2020 mendatang. Agar mencapai target, BSM memperbesar aliran pembiayaan ke segmen ritel ini.

Senior Executive Vice President Retail Banking BSM Niken Andonowarih mengatakan, pihaknya mengincar pertumbuhan pembiayaan ritel tumbuh double digit di tahun 2017. Kami menargetkan pembiayaan ritel tumbuh 15 persen di tahun ini, kata Niken, Kamis (23/2).

Dengan asumsi target pembiayaan tersebut maka pembiayaan ritel BSM mencapai sekitar Rp 34,96 triliun di akhir tahun 2017 dari perhitungan realisasi pembiayaan ritel senilai Rp 30,4 triliun di akhir tahun 2016.

Niken mengatakan, segmen pembiayaan perumahan (KPR) akan menjadi mayoritas dalam pembiayaan ritel. Tahun ini, pembiayaan perumahan akan tumbuh 12 persen atau mencapai sekitar Rp 10,52 triliun per akhir tahun 2017 dari posisi senilai Rp 9,4 triliun di akhir tahun 2016.

Anak usaha Bank Mandiri ini mengincar pembiayaan rumah pada segmen kelas menengah dengan ticket size antara Rp 300 juta sampai Rp 500 juta. Niken mengatakan, prospek pasar pembiayaan rumah kelas menengah masih besar karena banyak masyarakat kelas menengah yang masih membutuhkan tempat tinggal.

Kemudian, pembiayaan mikro ditargetkan dapat tumbuh 15 persen atau mencapai sekitar Rp 5,04 triliun di tahun 2017 dari realisasi pembiayaan mikro senilai Rp 4,2 triliun di tahun 2016. Niken menambahkan, pasar pembiayaan mikro memiliki pasar yang besar meskipun ada program kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.