Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia Ada di Surabaya

SURABAYA – Surabaya kini telah memiliki mal terbesar di Indonesia. Pakuwon Mall, yang merupakan proyek pengembangan atau perluasan dari Supermal Pakuwon Indah, diklaim sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan termegah di Indonesia. Pakuwon Mall sendiri memiliki konsep mixed used concept. Dalam konsep ini ada areal  mall, kondominium, dan hotel.

Direktur Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi mengatakan, Pakuwon Mall memiliki nett leasable area (NLA) sekitar 180.000 meter persegi (m2). Tempat shopping ini berada di kawasan Pakuwon Indah yang disebut bakal menjadi jantung dari central business district (CBD) Surabaya Barat.

“Sebagai perbandingan, sebelumnya mal terbesar dipegang salah satu pusat belanja di Jakarta dengan luas 155.000 m2. Bahkan jika nanti Tunjungan Plaza 6 sudah beroperasi, luas total Tunjungan Plaza 1-6 akan memiliki NLA 165.000 m2. Artinya dua mal terbesar di Indonesia akan berada di Surabaya,” katanya di sela peresmian Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (22/2).

Dipaparkannya, Pakuwon Mall menawarkan one stop living concept, yang terdiri dari Supermal Extension, Supermal Mansion, The Ritz Mansion, Orchard Mansion, Tanglin Apartment, serta hotel bintang 5. Tak hanya itu, sebagai mal yang menyediakan one stop place untuk melayani kehidupan modern termasuk pusat belanja, termasuk kuliner dan pusat hiburan untuk keluarga.

“Pakuwon Mall juga menyediakan convention center, ballroom, dan multifunction atrium untuk segala kebutuhan,” bebernya.

Ditambahkan Sutandi, Pakuwon Mall juga memberikan peluang bagi pelaku usaha kuliner dan usaha kecil menengah untuk masuk. Terbukti pihaknya menyediakan sektor food and beverage (F&B) yang cukup luas. “Selain ada banyak tenant kafe dan restoran, kita juga menyediakan space yang kita namai Food Society, Pasa Rame, dan beberapa areal F&B lain,” jelasnya.

Menariknya, Pakuwon Mall juga menjadi tempat pilihan bagi sejumlah perusahaan ritel baik nasional maupun internasional sebagai pilihan perluasan pasar di Surabaya. Seperti H&M yang menempati areal seluas 2.000 m2, Zara dengan luas 3.000 m2, hingga Sogo Department Store dengan luas lebih dari 13.000 m2, Imax dan lebih dari 300 tenant lain.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER