Mal Terbesar dan Termegah di Indonesia Ada di Surabaya

SURABAYA – Surabaya kini telah memiliki mal terbesar di Indonesia. Pakuwon Mall, yang merupakan proyek pengembangan atau perluasan dari Supermal Pakuwon Indah, diklaim sebagai pusat perbelanjaan terbesar dan termegah di Indonesia. Pakuwon Mall sendiri memiliki konsep mixed used concept. Dalam konsep ini ada areal  mall, kondominium, dan hotel.

Direktur Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi mengatakan, Pakuwon Mall memiliki nett leasable area (NLA) sekitar 180.000 meter persegi (m2). Tempat shopping ini berada di kawasan Pakuwon Indah yang disebut bakal menjadi jantung dari central business district (CBD) Surabaya Barat.

“Sebagai perbandingan, sebelumnya mal terbesar dipegang salah satu pusat belanja di Jakarta dengan luas 155.000 m2. Bahkan jika nanti Tunjungan Plaza 6 sudah beroperasi, luas total Tunjungan Plaza 1-6 akan memiliki NLA 165.000 m2. Artinya dua mal terbesar di Indonesia akan berada di Surabaya,” katanya di sela peresmian Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (22/2).

Dipaparkannya, Pakuwon Mall menawarkan one stop living concept, yang terdiri dari Supermal Extension, Supermal Mansion, The Ritz Mansion, Orchard Mansion, Tanglin Apartment, serta hotel bintang 5. Tak hanya itu, sebagai mal yang menyediakan one stop place untuk melayani kehidupan modern termasuk pusat belanja, termasuk kuliner dan pusat hiburan untuk keluarga.

“Pakuwon Mall juga menyediakan convention center, ballroom, dan multifunction atrium untuk segala kebutuhan,” bebernya.

Ditambahkan Sutandi, Pakuwon Mall juga memberikan peluang bagi pelaku usaha kuliner dan usaha kecil menengah untuk masuk. Terbukti pihaknya menyediakan sektor food and beverage (F&B) yang cukup luas. “Selain ada banyak tenant kafe dan restoran, kita juga menyediakan space yang kita namai Food Society, Pasa Rame, dan beberapa areal F&B lain,” jelasnya.

Menariknya, Pakuwon Mall juga menjadi tempat pilihan bagi sejumlah perusahaan ritel baik nasional maupun internasional sebagai pilihan perluasan pasar di Surabaya. Seperti H&M yang menempati areal seluas 2.000 m2, Zara dengan luas 3.000 m2, hingga Sogo Department Store dengan luas lebih dari 13.000 m2, Imax dan lebih dari 300 tenant lain.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER