MenPANRB: Pemerintah Naikkan Gaji ASN Karena Harga-Harga Naik dan Kehidupan Menurun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pemerintahan telah memutuskan menaikkan gaji pokok Aparatur Sipil Negera (ASN) sebesar 5 persen mulai Januari 2019. Hal itu telah ditetapkan melalui Rancangan Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Syafruddin menegaskan Kementeriannya sangat mendukung upaya pemerintah menaikkan gaji ASN tersebut. Pasalnya, kata MenPANRB, selain sudah lama gaji ASN belum pernah dinaikkan juga karena kebutuhan biaya hidup yang semakin tinggi saat ini.

“Karena sudah sekian puluh tahun, perkembangan fiskal yang begitu naik. Tunjangan ASN 20 tahun tidak pernah naik, harga-harga naik sekarang, kehidupan semakin menurun. Oleh karena itu disesuaikan. (Diharapkan) lebih baik kinerjanya,” kata Syafruddin di Kantor KemenPANRB, Jakarta, Jumat (21/12).

Disampaikan juga oleh mantan Wakapolri ini, pihaknya masih menunggu keputusan Menteri Keuangan (Menkeu) untuk pencairan anggaran kenaikan gaji ASN tersebut.

“Insya Allah, mudah-mudahan (segera). Saat ini sedang pembahasan di Kemenkeu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani menjelaskan kenaikkan gaji ASN yang telah ditetapkan di dalam RAPBN 2019 tersebut berdasarkan penyesuaian terhadap angka inflasi. Kenaikkan gaji tersebut hanya pada gaji pokok saja, tidak termasuk tunjangan kinerja. (ARif R)

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER