Peringati Hari Penyu Sedunia, 245 Tukik Dilepasliarkan

1
146
penyu
Peringatan Hari Penyu Sedunia di Padang, diisi dengan tausiyah dari ust. Dede Bafaqih. (Foto: Hadi Prayitno/SERUJI)

PADANG – “Sayangilah yang di bumi, niscaya yang di langit akan menyayanginmu”, demikian salah satu isi tausiah Ustadz Dede Bafaqih yang disampaikan pada peringatan Hari Penyu Sedunia di Pantai Ujung Batu, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kota Padang, pada Sabtu (16/6).

“Manusia sebagai khalifah di bumi, dibebani untuk mengelola bumi beserta isinya dengan berdasarkan tuntunan agama. Di samping itu, bahwa Islam memiliki makna keselamatan, sehingga dengan berislamnya kita maka seluruhnya harusnya selamat dari perilaku kita, tidak hanya kepada manusia, termasuk juga tumbuh – tumbuhan dan binatang, menjadi rahmat bagi alam semesta,” jelas ustadz Dede Bafaqih.

Lebih lanjut disampaikan tentang kisah sahabat nabi Abdurrahman bin Shakhr ad Dausi yang dijuluki sebagai bapaknya kucing atau lebih dikenal sebagai Abu Hurairah karena sifat kasih sayangnya terhadap kucing.

Peringatan Acara Penyu Sedunia ini diinsiasi oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang bersama dengan Forum Komunikasi dan Pelestarian Penyu (FKPP) Sumatera Barat.

Lebih dari 100 orang hadir dalam peringatan tersebut yang terdiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dan Kab/Kota, instansi vertikal kementerian/lembaga di Wilayah Sumatera Barat serta penggiat konservasi dan masyarakat sekitar.

“Jika ada penyu naik ke pantai, mohon jangan diganggu dan telurnya jangan dikonsumsi atau diperjualbelikan karena akan kena sanksi berupa denda 100 juta atau dikenakan sanksi kurangan,” pesan Kepala BPSPL Padang, Muh Yusuf.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada peringatan Hari Penyu Sedunia ini, selain buka puasa bersama juga dilakukan pelepasan tukik sebanyak 245 ekor ke laut.

penyu, tukik
Pelepasan tukik di Pantai Ujung Batu, Kota Padang. (Foto: Hadi Prayitno/SERUJI)

Acara peringatan Hari Penyu Sedunia ini, pelaksanaannya dibarengkan dengan Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 juni setiap tahunnya.

“Mari kita jaga laut kita dari sampah plastik karena akan menyebabkan sumberdaya alam akan rusak. Maraknya mamalia laut terdampar dan penyu salah satu penyebabnya adalah karena memakan sampah plastik yang terserak di laut,” kata Muh Yusuf. (HadiP/IwanY)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

  1. Mantap… Ternyata Islam mengatur juga tentang lingkungan hidup. Tidak sekedar ritual ibadah.
    Benarlah kata mereka, Islam mencakup dan mengatur segala aspek kehidupan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Survei: Pelajar Tergiur Merokok Karena Harga Murah

PADANG, SERUJI.CO.ID - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ruandu Foundation menemukan para pelajar yang ada di Padang tergiur merokok salah satunya...
Agus Hermanto

DPR Tidak Bisa Proses Pergantian Setya Novanto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan Pimpinan DPR tidak bisa memproses pergantian Setya Novanto karena ada dua surat dari Fraksi Partai Golkar...
Suku Anak Dalam Jambi

11 Suku Anak Dalam Masuk Islam dan Ikut Sunatan Massal

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Wakil Bupati Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, H Hillalatil Badri menghadiri sekaligus jadi saksi pada acara pengislaman 11 Suku Anak Dalam (SAD) serta...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...