IAIN Langsa Pelopori Seminar Wakaf Produktif

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Program Studi Managemen Zakat dan Wakaf Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, mempelopori seminar ekonomi syariah tentang wakaf produktif bagi masyarakat Kota Langsa. Seminar tersebut diadakan dalam upaya mewujudkan wakaf sebagai sumber ekonomi masa depan.

Seminar yang berlangsung di aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa, Kamis (11/10), dihadiri oleh Ketua Baitul Mal Kota Langsa Tgk. Alamsyah Abubakardin, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Langsa Dr. Iskandar Budiman, salah seorang pendiri Baitul Mal Langsa Ir. Abdul Qaiyyum dan Drs. Ismail A. Janan selaku Ketua Forum Nazir Wakaf Aceh.

Ketua Jurusan Managemen Zakat dan Wakaf IAIN Langsa, Dr. Safwan Kamal dalam laporannya menyampaikan, wakaf merupakan salah satu pilar membangun ekonomi ummat yang pernah dipraktekkan langsung sejak masa Rasulullah SAW.

“Sampai kini pun praktek wakaf dalam membangun ekonomi ummat masih dipraktekkan dikalangan umat islam, namun dalam skala kecil dan managemen pengelolaan yang belum maksimal,” kata Safwan.

Karenanya, imbuh Safwan, kehadiran prodi Managemen Zakat dan Wakaf diharapkan dapat menjadi pilar membangun kembali ekonomi umat berbasis syariat dan menjadi rujukan pengembangan pengkajian dan pemberdayaan zakat dan wakaf tahun 2025 mendatang.

Sebagai langkah awal dari upaya tersebut, Prodi Managemen Zakat dan Wakaf IAIN Langsa mengadakan seminar membangun ekonomi berbasis wakaf dengan pengkajian managemen wakaf sebagai sumber ekonomi masa depan masyarakat, pemerintahan dan Negara.

Sementara itu ketua Baitul Mal Kota Langsa, Tgk. Alamsyah Abubakardin dalam tanggapannya di forum seminar tersebut mengatakan, dirinya menyambut baik kehadiran prodi Managemen Zakat dan Wakaf tersebut.

Apalagi langkah awal membuat seminar ini akan menjadi dasar untuk melahirkan sosok kader baitul Mal di masa mendatang.

“Baitul Mal adalah badan pengelolaan dana ummat yang didapatkan dari hasil, zakat, infaq, sahadaqah dan wakaf, jadi membutuhkan adanya orang-orang professional dan memahami tentang managemen zakat untuk mengelolanya. Karenanya, kehadiran prodi Managemen Zakat dan Wakaf IAIN Langsa ini sangat pentin dan akan menjawab tantangan ini kedepan,” sebut Alamsyah yang akrab disapa Ayah.

Sedangkan Dekan FEBI Dr. Iskandar Budiman saat membuka seminar dalam arahannya menyampaikan, peran wakaf hendaknya dilakukan lebih dinamis tanpa meninggalkan hukum klasik yang dulu pernah digariskan oleh imam mazhab.

“Dinamis dimaksudkan agar manfaat wakaf lebih dapat dirasakan oleh masyarakat banyak,” ujarnya. (Syahrial/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER