Harga Labu Madu Selangit tapi Pemasaran Sulit

BENGKALIS – Butternut squash atau familiar dengan sebutan labu madu merupakan tanaman labu yang unik dengan bentuk seperti bohlam berasal dari daerah Watham, Amerika Serikat. Labu madu dengan tekstur yang lembut dan manis ini sudah mulai dikembangkan di Indonesia dengan pasar yang masih cukup terbatas dan tentunya dengan harga jual yang masih cukup tinggi.
Di tingkat petani, harga labu madu mencapai Rp. 35.000/kg dan di pasar buah bahkan bisa mencapai harga Rp. 80.000/kg.

Rasa manis buah labu madu tersebut akan semakin meningkat jika disimpan selama dua bulan setelah di panen. Bahkan labu madu dapat bertahan hingga 6 bulan jika disimpan dalam keadaan utuh.

Buahnya mengandung serat yang tinggi dan mengandung berbagai manfaat. Di antaranya menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit. Kemudian, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan karena antioksidannya yang tinggi , membantu menurukan berat badan, dan meningkatkan daya penglihatan

Kini, labu madu sudah mulai dikembangkan dan didapatkan di Kabupaten Bengkalis. Seperti yang terdapat di Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis. Salah seorang warga desa yang bernama Helmi Syafrizal berhasil mengembangkan tanaman buah labu madu.

Dia mengatakan bahwa penanaman labu madu tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan. Bahkan dia hanya menanam di lahan perkarangan rumah sendiri. Masa panennya juga tidak terlalu lama, yaitu sekitar 75 hari setelah tanam. Khusus di Bengkalis, labu madu belum terlalu familiar dan masih sangat minim dibudidayakan oleh masyarakat petani lokal. Bahkan toko-toko buah dan masyarakat banyak yang belum mengenal labu madu ini.

Jika masyarakat paham dengan khasiat dan cara budidaya labu madu ini, bisa dipastikan masyarakat petani akan memiliki potensi yang besar untuk meraup keuntungan yang tidak sedikit. Dengan demikian, tentunya juga akan meningkatkan kesejahteraan bagi para petani.

“Harga jual ditingkat petani juga cukup tinggi, yaitu berkisar Rp 25.000/kg. Kalau kita bisa memanfaatkan potensi lokal untuk membangun kesejahteraan petani kenapa tidak dicoba,” tuturnya.

Nah, jika ada teman-teman yang berminat untuk melihat ataupun belajar membudidayakan labu madu tersebut, bisa langsung datang lokasi yang telah disebutkan di atas atau bisa menghubungi nomor telepon 085271516051 saudara Helmi.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER