BPBD Sumbar Himbau Masyarakat Yang “Balimau” Tetap Waspada Bencana

0
114
Tradisi Balimau di Minangkabau. (foto: istimewa)

PADANG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Nasridal Patria menghimbau masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) yang akan melaksanakan tradisi “Balimau” harus tetap menjaga kewaspadaan, meskipun cuaca diperkirakan cerah berawan.

“Musibah bisa terjadi kapan saja jika tidak hati-hati. Jangan sampai lengah,” kata Nasridal Patria di Padang, Jumat (26/5).

Ia menyampaikan hal tersebut terkait tradisi sebagian masyarakat Sumbar yang melakukan pembersihan fisik dan batin, disimbolkan mandi menggunakan limau atau jeruk pada sumber-sumber air seperti sungai, danau dan laut, yang disebut “Balimau”.

Ramainya masyarakat yang “Balimau” pada satu lokasi, berpotensi berkurangnya kewaspadaan hingga menyebabkan musibah dan kecelakaan seperti tenggelam atau dihanyutkan arus air.

BPBD, menurutnya telah menyurati instansi terkait di kabupaten dan Kota untuk mengingatkan pada masyarakat terkait potensi bencana saat “balimau”.

Tim yang terdiri dari Polisi, TNI, Pol PP dan BPBD menurut dia juga akan melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi “balimau” pada kabupaten dan kota untuk memberikan pertolongan cepat jika terjadi bencana atau musibah.

Namun karena sangat banyaknya lokasi “balimau” di Sumbar, ada kemungkinan tidak semua yang berada dalam pengawasan petugas, karena itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tradisi itu.

Sementara itu Kepala Pol PP Sumbar, Zul Aliman mengatakan pihaknya ikut melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi di Kota Padang. Sementara untuk daerah dilakukan Satpol PP masing-masing bersama tim.

“Kalau boleh mengimbau, sebaiknya tidak usah saja “balimau” ke tempat-tempat sumber air. Bersihkanlah diri dengan saling memaafkan dan bersilaturahmi,” ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya http://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg memperkirakan tidak ada hujan siang hari pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

Semua daerah diperkirakan akan cerah berawan sepanjang siang.

Namun sore hingga malam hari, ada kemungkinan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Solok. (Arf/Hrn)

 

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tenaga kerja asing

Imigrasi Ungkap Gaji TKA Ilegal Yang Fantastis di Nabire

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Timika, Papua menyebut puluhan pekerja asing atau TKA ilegal yang bekerja di tambang emas rakyat di...
Sudrajat-Syaikhu

101 Purnawirawan Jenderal Turun Gunung Menangkan Pasangan Asyik

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) telah menerjunkan sebanyak 101 purnawirawan perwira tinggi TNI ke Jawa Barat untuk memperjuangkan kemenangan Pasangan Calon...

Aparat Siap Amankan 332 TPS di Kota Banjar

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Polres Kota Banjar, menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Banjar serta pemilihan...

Nelayan Dilibatkan Pencarian Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun

SIMALUNGUN, SERUJI.CO.ID  - Basarnas melibatkan nelayan tradisional yang selama ini beroperasi di Danau Toba untuk mencari penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam sejak 18...
Pesawat N219

Baku Tembak dengan Separatis Masih Berlangsung, Evakuasi Sulit Dilakukan

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID -  Maskapai penerbangan Trigana Air kesulitan mengevakuasi kru dan pesawat yang ditembak Kelompok Separatis Papua di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Senin...