BPBD Sumbar Himbau Masyarakat Yang “Balimau” Tetap Waspada Bencana

0
56
Tradisi Balimau di Minangkabau. (foto: istimewa)

PADANG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Nasridal Patria menghimbau masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) yang akan melaksanakan tradisi “Balimau” harus tetap menjaga kewaspadaan, meskipun cuaca diperkirakan cerah berawan.

“Musibah bisa terjadi kapan saja jika tidak hati-hati. Jangan sampai lengah,” kata Nasridal Patria di Padang, Jumat (26/5).

Ia menyampaikan hal tersebut terkait tradisi sebagian masyarakat Sumbar yang melakukan pembersihan fisik dan batin, disimbolkan mandi menggunakan limau atau jeruk pada sumber-sumber air seperti sungai, danau dan laut, yang disebut “Balimau”.

Ramainya masyarakat yang “Balimau” pada satu lokasi, berpotensi berkurangnya kewaspadaan hingga menyebabkan musibah dan kecelakaan seperti tenggelam atau dihanyutkan arus air.

BPBD, menurutnya telah menyurati instansi terkait di kabupaten dan Kota untuk mengingatkan pada masyarakat terkait potensi bencana saat “balimau”.

Tim yang terdiri dari Polisi, TNI, Pol PP dan BPBD menurut dia juga akan melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi “balimau” pada kabupaten dan kota untuk memberikan pertolongan cepat jika terjadi bencana atau musibah.

Namun karena sangat banyaknya lokasi “balimau” di Sumbar, ada kemungkinan tidak semua yang berada dalam pengawasan petugas, karena itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tradisi itu.

Sementara itu Kepala Pol PP Sumbar, Zul Aliman mengatakan pihaknya ikut melakukan pemantauan pada sejumlah lokasi di Kota Padang. Sementara untuk daerah dilakukan Satpol PP masing-masing bersama tim.

“Kalau boleh mengimbau, sebaiknya tidak usah saja “balimau” ke tempat-tempat sumber air. Bersihkanlah diri dengan saling memaafkan dan bersilaturahmi,” ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya http://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg memperkirakan tidak ada hujan siang hari pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

Semua daerah diperkirakan akan cerah berawan sepanjang siang.

Namun sore hingga malam hari, ada kemungkinan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kab. Solok, Solok. (Arf/Hrn)

 

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Airlangga Hartarto

Pleno Tunjuk Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar, Rabu (13/12) malam, memutuskan menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Setya Novanto yang kini tengah...
setnov, FPG

Perbuatan Setya Novanto Untungkan Orang dan Korporasi, Inilah Daftarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan orang lain dan korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (KTP-el). "Selain...
Jokowi

Indonesia Sampaikan Enam Usulan OKI Terkait Yerusalem

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID - Indonesia mengusulkan enam poin usulan penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Pertama,...

KANAL WARGA TERBARU

images(14)

Jangan Terlalu Berharap Dengan Hukum

Tulisan ini acap kali menjadi perbincangan hangat banyak pihak, khususnya masyarakat menengah kebawah. Meski tak semuanya benar, namun sesuai fakta yang dialami banyak pihak...

Calon Haji Pasca Stroke Ini Tetap Ingin Berangkat Haji

WONOGIRI - Bisa menunaikan rukun iman yang kelima merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia tak terkecuali muslim indonesia. Bahkan mereka yang secara fisik lemahpun...
4e3443b2632b8e8a4ea012759bd78a3e4f282447

Belajar Jadi Makmum Kalau Ingin Beriman

Shalat berjamaah adalah contoh bagaimana sebuah ukhuwah dibangun. Oleh karenanya, ibadah mulia itu berlipat kali nilainya di sisi Allah. Ukhuwah itu sendiri ciri keimanan, bagaikan...