Aksi Bakar Ban Warnai Demo Mahasiswa Di Aceh

0
98
Aliansi Keluarga Besar Mahasiswa IAIN
Aliansi Keluarga Besar Mahasiswa IAIN Langsa melangsungkan aksi demo di depan halaman gedung Biro Rektorat, Rabu 6/12/2017. (Foto: Syahrial/SERUJI)

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Keluarga Besar Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melakukan aksi demo di halaman gedung Biro Rektorat kampus setempat, Rabu (6/12).

Dalam aksinya, puluhan mahasiswa ini membentang spanduk, poster, dan membakar ban bekas sambil meneriakkan yel-yel “hidup mahasiswa” serta diiringi dengan lagu Buruh Tani dan Darah Juang.

Pantauan SERUJI di lapangan, sempat terjadi saling dorong antara pendemo dengan petugas keamanan kampus, aksi itu dipicu ketika pihak keamanan mencoba memadamkan ban yang dibakar oleh massa.

Puluhan mahasiswa itu menuntut agar pihak kampus memberikan kebebasan organisasi kemahasiswaan berdasarkan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa.

“Kembalikan Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan berdasarkan prinsip dari, oleh, dan untuk mahasiswa dengan memberikan peranan dan keleluasaan lebih besar kepada mahasiswa,” sebut Zulfikar selaku ketua Senat Mahasiswa.

Aksi demo juga menolak keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4961 Tahun 2016 tentang pedoman umum organisasi kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

“Jangan persempit arah berfikir mahasiswa yang harus tunduk pada kepentingan politik penguasa melalui SK Dirjen Kemenag tahun 2016,” teriak Ketua Dewan Mahasiswa Aldin.

Wakil Rektor Bidang Kemhasiswaan dan Kerjasama Drs. Zainuddin, MA saat menemui mahasiswa mengatakan, dirinya mengapresiasi aksi yang dilangsungkan oleh mahasiswa.

Dirinya mengajak para mahasiswa untuk membedah kembali Keputusan Dirjen tersebut sehingga melahirkan rekomendasi untuk diteruskan kepada pihak Kementerian Agama dalam hal ini Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

“Saya apresiasi aksi yang adik-adik lakukan hari ini, namun alangkah indahnya jika adik-adik kami sekalian mau membedel isi keputusan tersebut yang melahirkan rekomendasi, nanti kita sama-sama antar hasil tersebut ke Kementerian Agama Pusat,” jelasnya.

Akhirnya massa pun membubarkan diri dengan tertib setelah Zainuddin mempersilakan beberapa perwakilan mahasiswa untuk berdiskusi lebih lanjut. (Syahrial/SU02)

 

Komentar

BACA JUGA
ott, korupsi

OTT Oknum BPN Lhokseumawe Ditetapkan Jadi Tersangka

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Tim Saber Pungli Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menetapkan salah seorang oknum PNS di Badan Pertanahan Nasional (BPN), S (54), menjadi tersangka hasil dari...
gunung agung

Promosi Pariwisata Bali Pasca Erupsi Gunung Agung

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Gunung Agung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah timur Bali, yang sempat beberapa...
Rudiantara

2019 Kominfo Targetkan Indonesia Terhubung Internet

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia terhubung jaringan internet dengan kecepatan tinggi pada 2019 sehingga semua orang...
Abhan

Bawaslu: Penyelenggaraan Pilkada Jangan Mudah Tergoda Suap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengingatkan seluruh jajarannya untuk tidak mudah tergoda suap selama menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada)...
Suap

Terkait Suap, KPU Jabar Panggil KPU Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat akan memanggil jajaran KPU Garut untuk meminta klarifikasi terkait dugaan operasi tangkap tangan terhadap...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...