Tanah Longsor di Trenggalek Rusak 9 Rumah

TRENGGALEK, SERUJI.CO.ID – Sebanyak sembilan rumah rusak parah dan jalan terputus akibat tanah longsor di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek pada Rabu (5/12).

“Ada delapan rumah di Desa Nglebeng yang rusak, sementara di Terbis satu,” kata Kepala BPBD Trenggalek Joko Rusianto, Kamis (6/12).

Selain menyebabkan kerusakan rumah warga, longsoran tanah juga menyebabkan pohon tumbang dan menutupi jalan.

“Pohon yang tumbang telah kita tangani, sehingga akses jalan tersebut bisa kembali dilalui,” kata Joko.

Tim BPBD berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk aparat dan warga desa untuk menangani dampak bencana tersebut, antara lain dengan bekerja bakti membersihkan material longsoran tanah yang menimpa rumah warga serta memberikan bantuan makanan kepada warga yang rumahnya terdampak longsor.

Menurut Pusat Pengendalian Operasi BPBD Trenggalek hujan deras yang mengguyur beberapa bagian Trenggalek juga menyebabkan bencana di empat desa yang masuk wilayah Kecamatan Munjungan.

Hujan deras menyebabkan tebing penahan jalan utama Munjungan-Panggul longsor sepanjang 50 meter di Desa Craken, dan abrasi di Pantai Ngadipuro yang menggerus jalan sepanjang sekitar 20 meter.

Selain itu juga hujan deras menimbulkan tanah longsor yang menimpa satu rumah warga di Desa Masaran, dua rumah warga di Desa Ngulungkulon, serta satu rumah warga di Desa Karangturi.

“Penanganan tanggap darurat atas bencana longsor telah kami lakukan dengan cara menggandeng berbagai pihak untuk melakukan kerja bakti dan memberi bantuan yang diperlukan. Dan kami berpesan kepada masyarakat agar lebih waspada di musim hujan ini,” pungkasnya. (Ant/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER