Semua Elemen Bergerak Tangani Kekeringan

PAMEKASAN – Kekeringan pada musim kemarau ini mulai melanda sejumlah desa di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus dari berbagai pihak setempat.

Berdasarkan data Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, jumlah desa yang dilanda kekeringan kini mencapai 80 desa, tersebar di 13 kecamatan, yang meliputi 299 dusun.

Sebanyak 299 dusun tersebar di 80 desa yang terdata dilanda kekeringan ini, sama dengan jumlah desa dan dusun yang mengalami kekeringan pada 2016. Hanya saja, sebaran kekeringan lebih meluas, sebab pada 2016 kekeringan hanya melanda 11 kecamatan dari total 13 kecamatan yang ada di wilayah itu.

Dari 299 dusun yang rawan kekeringan itu, sebanyak 166 dusun tersebar di 37 desa di antaranya mengalami kekeringan kritis, sedangkan 133 dusun, di 42 desa mengalami kekeringan langka.

Menurut Kepala BPBD Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus, kekeringan kritis itu terjadi, karena pemenuhan air di dusun mencapai 10 liter per orang per hari. Jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan ketersediaan air bersih sejauh 3 kilometer bahkan lebih.

Sementara yang dimaksud dengan kering langka, karena kebutuhan air di dusun itu di bawah 10 liter saja per orang, per hari. Jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat, sekitar 0,5 kilometer hingga 3 kilometer.

Pemkab melalui BPBD Pamekasan selanjutnya melakukan penanganan, guna mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih yang melanda 299 dusun di 80 yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan itu dengan mendistribusikan bantuan air bersih.

Secara simbolis, pendistribusian bantuan air bersih ke desa-desa yang dilanda kekeringan dilakukan oleh Wakil Bupati Pamekasan Halil mulai minggu pertama September 2017.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER