Peringati HUT ke-2, AMSI Jatim Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam Rangka HUT ke-2, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur akan menggelar rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari jadi organisasi dari perusahaan media online ini. Rangkaian kegiatan akan berlangsung dari 8 April hingga 18 Mei 2019.

Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman mengatakan bahwa lewat peringatan HUT ke-2 ini, AMSI sekaligus mempertegas gagasan ‘Media Siber untuk Semua’.

“Gagasan inilah yang menyertai semangat perjalanan AMSI yang berdiri pada 18 April 2017. Di luar tekad awalnya untuk menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya,” kata Arief lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, di Surabaya, Kamis (18/4).

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

AMSI Jatim Adakan Kontes Jurnalistik Pers Kampus dan Kontes Kartun Anti Hoaks


Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo usai melakukan verifikasi AMSI Jatim, didampingi Ketua PW AMSI Jatim, Arief Rahman dan pengurus AMSI Jatim, Kamis (7/2/2019). (foto;doc AMSI)

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

Lomba yang dimaksud masing-masing adalah Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online dan Kontes Kartun Anti Hoax.

BACA JUGA:  Terkait Pencemaran Sungai Kalimas, PDAM Himbau Warga Surabaya Tidak Khawatir

Dua kontes ini akan dimulai hari ini, Rabu (18/4), sekaligus menandai peringatan dua tahun AMSI, dan berakhir pada 18 Mei 2019.

Untuk Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online, AMSI Jatim menyiapkan hadiah untuk tiga pemenang, masing-masing hosting dan domain, baik registrasi maupun perpanjangan, untuk penggunaan selama tiga tahun. Sementara Kontes Kartun Anti Hoax berhadiah jutaan rupiah.

“Penyerahan hadiah akan diadakan pada puncak peringatan HUT AMSI dalam Seminar Nasional ‘Media Siber: Good Journalism vs Hoax’,” jelas Arief.

Selain lomba, imbuh Arief, AMSI Jatim juga akan mengadakan seminar nasional dengan tema ‘Media Siber: Good Journalism VS Hoaks’ pada tanggal 18 Mei 2019, di Kampi Hotel, Surabaya.

“Seminar akan menghadirkan Lucky Dwi Eko Lokononto (Pimred beritaJatim.com), Sapto Anggoro (Pemred tirto.id), dan Masitoh Indriani, LLM, Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga,” ungkap Arief.

Masitoh Indriani dikenal sebagai Peneliti Human Rights Law Studies (HRLS), akademisi untuk kebebasan ekspresi, dan sekaligus spesialis cyber law and freedom of expression.

Puncak perayaan HUT ke-2 AMSI Jatim ini ini akan diadakan di Kampi Hotel Surabaya, Jalan Taman Apsari, Surabaya pada 18 Mei 2019.

BACA JUGA:  AMSI Jatim: Berita Hoaks Adalah Racun Yang Dapat Ciptakan Krisis di Masyarakat

AMSI Jatim Rangkul Mahasiswa dan Komunitas

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus AMSI Jatim periode 2017-2020, di Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). (foto:SERUJI)

Dua kontes yang digelar dalam peringatan hari jadi AMSI tahun ini, didesain untuk melibatkan aktivis pers kampus dan kartunis Indonesia. Karena aktivis pers kampus adalah kelompok potensial yang nanti banyak mewarnai masa depan pers Indonesia.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan, Pengaspalan Jalan Raya Gubeng yang Amblas Tertunda

“Kontes digelar dengan melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia,” jelas Budi Sugiharto, Ketua Panitia HUT AMSI.

Pimpinan Redaksi Jatimnow.com ini menjelaskan, nantinya peserta diajak untuk mengirim karya jurnalistik dalam bentuk reportase khusus yang sudah diterbitkan di media mereka dalam kurun waktu 1 April hingga 15 Mei 2019. Reportase membawa tema khusus good journalism versus hoax.

Sementara Kontes Kartun Anti Hoax melibatkan kartunis Indonesia dengan mengusung karya bertema Kartun Opini Anti Hoax.

“Kontes kartun ini akan melibatkan kawan-kawan kartunis dari berbagai komunitas di Indonesia,” kata jurnalis yang akrab dipanggil Uglu ini.

Lewat kontes yang ada, lanjutnya, peserta dan masyarakat diajak untuk turut mendukung gerakan anti hoax sekaligus memperkuat gerakan good journalism. (AMSI JATIM)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Pajak Turun Jadi 1%, Inilah 4 Lokasi Hunian Mewah yang Diincar Konglomerat di Jakarta

Pemberlakuan aturan baru tentang pajak hunian mewah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.03/2019, digadang-gadang dapat memberikan angin segar terhadap penjualan properti khususnya di segmen atas. Aturan baru tersebut merevisi harga ambang rumah mewah dari Rp 20 miliar menjadi 30 Miliar per unit. Kemudian juga menurunkan tarif untuk pajak barang mewah dari 5% menjadi 1%.

Hindari Terjadinya Rush Money, Pakar Keamanan Minta Bank Mandiri Segera Pulihkan Sistem

Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Dr Pratama Persadha menyarankan agar Bank Mandiri segera memulihkan sistem guna mencegah pengambilan dana besar-besaran dari bank (rush money).

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Caleg Gerindra Terpilih Wajib Setor Ratusan Juta ke Partai Sebelum Dilantik, Begini Penjelasannya

Seluruh Calon Anggota Legislatif (caleg) dari Partai Gerekan Indonesia Raya (Gerindra) yang terpilih pada Pileg 2019, harus siap-siap kembali merogoh kantong sebelum dilantik sebagai anggota legislatif.

Pakar Gempa AS Minta Maaf ke Masyarakat NTB Atas Prediksi Potensi Gempa di Lombok

Ahli geologi dan kegempaan asal Amerika Serikat, Prof Ron A Harris meminta maaf kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) atas pernyataanya mengenai hasil penelitian potensi gempa di selatan Lombok, sehingga membuat rasa takut masyarakat.

Indonesia Kecam Dewan Kota Oxford Yang Berikan Penghargaan Pada Benny Wenda

Pemerintah Indonesia mengecam keras pemberian penghargaan oleh Dewan Kota Oxford, Inggris, kepada Benny Wenda, anggota kelompok gerakan separatis Kemerdekaan Papua Barat.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Jokowi-Prabowo Bertemu, Berakhirlah Era Cebong-Kampret

Akhirnya Presiden terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Jokowi bertemu dengan calon Presiden Prabowo Subianto. Pertemuan bersejarah itu terjadi di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu (13/7) pukul 10.00 WIB.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Yuk, Kenali Jenis Busana Tunik