Peringati HUT ke-2, AMSI Jatim Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax


SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam Rangka HUT ke-2, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur akan menggelar rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari jadi organisasi dari perusahaan media online ini. Rangkaian kegiatan akan berlangsung dari 8 April hingga 18 Mei 2019.

Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman mengatakan bahwa lewat peringatan HUT ke-2 ini, AMSI sekaligus mempertegas gagasan ‘Media Siber untuk Semua’.

“Gagasan inilah yang menyertai semangat perjalanan AMSI yang berdiri pada 18 April 2017. Di luar tekad awalnya untuk menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya,” kata Arief lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, di Surabaya, Kamis (18/4).

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

AMSI Jatim Adakan Kontes Jurnalistik Pers Kampus dan Kontes Kartun Anti Hoaks

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo usai melakukan verifikasi AMSI Jatim, didampingi Ketua PW AMSI Jatim, Arief Rahman dan pengurus AMSI Jatim, Kamis (7/2/2019). (foto;doc AMSI)

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

Lomba yang dimaksud masing-masing adalah Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online dan Kontes Kartun Anti Hoax.

Dua kontes ini akan dimulai hari ini, Rabu (18/4), sekaligus menandai peringatan dua tahun AMSI, dan berakhir pada 18 Mei 2019.

Untuk Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online, AMSI Jatim menyiapkan hadiah untuk tiga pemenang, masing-masing hosting dan domain, baik registrasi maupun perpanjangan, untuk penggunaan selama tiga tahun. Sementara Kontes Kartun Anti Hoax berhadiah jutaan rupiah.

“Penyerahan hadiah akan diadakan pada puncak peringatan HUT AMSI dalam Seminar Nasional ‘Media Siber: Good Journalism vs Hoax’,” jelas Arief.

Selain lomba, imbuh Arief, AMSI Jatim juga akan mengadakan seminar nasional dengan tema ‘Media Siber: Good Journalism VS Hoaks’ pada tanggal 18 Mei 2019, di Kampi Hotel, Surabaya.

“Seminar akan menghadirkan Lucky Dwi Eko Lokononto (Pimred beritaJatim.com), Sapto Anggoro (Pemred tirto.id), dan Masitoh Indriani, LLM, Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga,” ungkap Arief.

Masitoh Indriani dikenal sebagai Peneliti Human Rights Law Studies (HRLS), akademisi untuk kebebasan ekspresi, dan sekaligus spesialis cyber law and freedom of expression.

Puncak perayaan HUT ke-2 AMSI Jatim ini ini akan diadakan di Kampi Hotel Surabaya, Jalan Taman Apsari, Surabaya pada 18 Mei 2019.

AMSI Jatim Rangkul Mahasiswa dan Komunitas

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus AMSI Jatim periode 2017-2020, di Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). (foto:SERUJI)

Dua kontes yang digelar dalam peringatan hari jadi AMSI tahun ini, didesain untuk melibatkan aktivis pers kampus dan kartunis Indonesia. Karena aktivis pers kampus adalah kelompok potensial yang nanti banyak mewarnai masa depan pers Indonesia.

“Kontes digelar dengan melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia,” jelas Budi Sugiharto, Ketua Panitia HUT AMSI.

Pimpinan Redaksi Jatimnow.com ini menjelaskan, nantinya peserta diajak untuk mengirim karya jurnalistik dalam bentuk reportase khusus yang sudah diterbitkan di media mereka dalam kurun waktu 1 April hingga 15 Mei 2019. Reportase membawa tema khusus good journalism versus hoax.

Sementara Kontes Kartun Anti Hoax melibatkan kartunis Indonesia dengan mengusung karya bertema Kartun Opini Anti Hoax.

“Kontes kartun ini akan melibatkan kawan-kawan kartunis dari berbagai komunitas di Indonesia,” kata jurnalis yang akrab dipanggil Uglu ini.

Lewat kontes yang ada, lanjutnya, peserta dan masyarakat diajak untuk turut mendukung gerakan anti hoax sekaligus memperkuat gerakan good journalism. (AMSI JATIM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close