Peringati HUT ke-2, AMSI Jatim Gelar Kontes Jurnalistik dan Seminar Anti Hoax

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dalam Rangka HUT ke-2, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur akan menggelar rangkaian kegiatan untuk memeriahkan peringatan hari jadi organisasi dari perusahaan media online ini. Rangkaian kegiatan akan berlangsung dari 8 April hingga 18 Mei 2019.

Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman mengatakan bahwa lewat peringatan HUT ke-2 ini, AMSI sekaligus mempertegas gagasan ‘Media Siber untuk Semua’.

“Gagasan inilah yang menyertai semangat perjalanan AMSI yang berdiri pada 18 April 2017. Di luar tekad awalnya untuk menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya,” kata Arief lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, di Surabaya, Kamis (18/4).

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

AMSI Jatim Adakan Kontes Jurnalistik Pers Kampus dan Kontes Kartun Anti Hoaks

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo usai melakukan verifikasi AMSI Jatim, didampingi Ketua PW AMSI Jatim, Arief Rahman dan pengurus AMSI Jatim, Kamis (7/2/2019). (foto;doc AMSI)

“Dalam peringatan AMSI ini kami ingin melibatkan banyak pihak, khususnya pegiat pers kampus online dan kartunis Indonesia, dengan menggelar berbagai lomba,” jelas Pemimpin Umum Lensaindonesia.com ini.

Lomba yang dimaksud masing-masing adalah Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online dan Kontes Kartun Anti Hoax.

Dua kontes ini akan dimulai hari ini, Rabu (18/4), sekaligus menandai peringatan dua tahun AMSI, dan berakhir pada 18 Mei 2019.

Untuk Kontes Karya Jurnalistik Pers Kampus Online, AMSI Jatim menyiapkan hadiah untuk tiga pemenang, masing-masing hosting dan domain, baik registrasi maupun perpanjangan, untuk penggunaan selama tiga tahun. Sementara Kontes Kartun Anti Hoax berhadiah jutaan rupiah.

“Penyerahan hadiah akan diadakan pada puncak peringatan HUT AMSI dalam Seminar Nasional ‘Media Siber: Good Journalism vs Hoax’,” jelas Arief.

Selain lomba, imbuh Arief, AMSI Jatim juga akan mengadakan seminar nasional dengan tema ‘Media Siber: Good Journalism VS Hoaks’ pada tanggal 18 Mei 2019, di Kampi Hotel, Surabaya.

“Seminar akan menghadirkan Lucky Dwi Eko Lokononto (Pimred beritaJatim.com), Sapto Anggoro (Pemred tirto.id), dan Masitoh Indriani, LLM, Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga,” ungkap Arief.

Masitoh Indriani dikenal sebagai Peneliti Human Rights Law Studies (HRLS), akademisi untuk kebebasan ekspresi, dan sekaligus spesialis cyber law and freedom of expression.

Puncak perayaan HUT ke-2 AMSI Jatim ini ini akan diadakan di Kampi Hotel Surabaya, Jalan Taman Apsari, Surabaya pada 18 Mei 2019.

AMSI Jatim Rangkul Mahasiswa dan Komunitas

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus AMSI Jatim periode 2017-2020, di Grahadi, Surabaya, Jumat (10/8/2018). (foto:SERUJI)

Dua kontes yang digelar dalam peringatan hari jadi AMSI tahun ini, didesain untuk melibatkan aktivis pers kampus dan kartunis Indonesia. Karena aktivis pers kampus adalah kelompok potensial yang nanti banyak mewarnai masa depan pers Indonesia.

“Kontes digelar dengan melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia,” jelas Budi Sugiharto, Ketua Panitia HUT AMSI.

Pimpinan Redaksi Jatimnow.com ini menjelaskan, nantinya peserta diajak untuk mengirim karya jurnalistik dalam bentuk reportase khusus yang sudah diterbitkan di media mereka dalam kurun waktu 1 April hingga 15 Mei 2019. Reportase membawa tema khusus good journalism versus hoax.

Sementara Kontes Kartun Anti Hoax melibatkan kartunis Indonesia dengan mengusung karya bertema Kartun Opini Anti Hoax.

“Kontes kartun ini akan melibatkan kawan-kawan kartunis dari berbagai komunitas di Indonesia,” kata jurnalis yang akrab dipanggil Uglu ini.

Lewat kontes yang ada, lanjutnya, peserta dan masyarakat diajak untuk turut mendukung gerakan anti hoax sekaligus memperkuat gerakan good journalism. (AMSI JATIM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Saldo Rekening Anda Tiba-Tiba Berkurang/Bertambah? Begini Penjelasan Bank Mandiri

Sejak pagi tadi, Sabtu (20/7) beberapa nasabah Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengeluhkan saldo di rekeningnya tiba-tiba berubah. Ada yang saldonya berkurang bahkan jadi nol, ada juga yang tiba-tiba bertambah.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.