Sleman Revisi RTRW untuk Dukung Dinamika Pembangunan

SLEMAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan merevisi rencana tata ruang wilayah untuk mendukung dinamika pembangunan di daerah ini.

“Saat ini pembangunan berlangsung cepat sehingga RTRW harus direvisi meskipun RTRW belum lima tahun. Revisi dilakukan karena adanya dinamika pembangunan,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman Sugandi, di Sleman, Senin (26/3).

Menurut dia, dinamika pembangunan tersebut termasuk mangomodasi Undang-undang Keistimewaan DIY yang berpengaruh terhadap tata pertanahan di Kabupaten Sleman.

“Selain itu peralihan status jalan provinsi menjadi jalan nasional dan jalan desa menjadi jalan kabupaten juga berpengaruh terhadap RTRW,” katanya.

Ia mengatakan, dinamika pembangunan yang menuntut revisi RTRW tersebut, yakni di wilayah sebelah barat Sleman ada pembangunan Bandara “New Yogyakarta Internasional Airport” (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo.

“Kemudian proyek nasional pembangunan jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Ini akan memicu percepatan pembangunan dan perubahan infrastruktur,” katanya.

Sugandi mengatakan proyek nasional pembangunan jalan “under pass” di jalan lingkar (ring road) utara memengaruhi dinamika pembangunan di Sleman.

“Saat ini sedang dilakukan uji amdal untuk ‘under pass’ di Simpang Empat Gejayan dan Jalan Kaliurang di Ring Road Utara yang pembangunannya tidak akan lama lagi,” katanya.

Ia mengatakan, dinamika-dinamika pembangunan tersebut akan ada perubahan yang harus disiapkan agar terjadi sinergi antara pusat dan provinsi.

“Kami akan cermati tata ruang yang ada apakah masih sesuai dengan dinamika pembangunan, termasuk segera membentuk satu tim perumus RTRW, Jika sudah banyak yang tidak sesuai maka akan dilakukan revisi,” katanya.

Dinamika pembangunan yang ada, kata dia, harus menuju RTRW Kabupaten Sleman 2020. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER