Alhamdulillah, Perayaan Cap Go Meh Batal Digelar di MAJT

SEMARANG – Gema takbir membahana di ruangan sekretariat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Tak henti-hentinya lisan para pejuang akidah basah oleh tahmid lantaran aspirasi pembatalan perayaan acara cap go meh di MAJT dikabulkan, Jumat (17/2).

Setelah negosiasi sejak Kamis malam sampai Jumat sore, perjuangan umat Islam tidak sia-sia. Pihak-pihak terkait, mulai dari pengurus MAJT, tokoh muslim Jawa Tengah, aparat keamanan, hingga penyelenggara acara cap go meh, akhirnya menyepakati pembatalan acara.

Pembatalan ini diumumkan Ainul Yaqien, amir ormas Islam Semarang, “Alhamdulillah, MAJT sudah membatalkan ijin penyelenggaraan cap go meh, dengan pertimbangan lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Semoga Allah selalu melindungi akidah umat Islam.”

Ketua MAJT, DR KH Noor Achmad, menjelaskan, “Dikawatirkan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Bagi umat Islam, toleransi bukan membiarkan wilayah akidah dijelajahi umat lain. Toleransi adalah menghargai perbedaan tanpa melibatkan wilayah akidah masing-masing. Biarkan budaya berkembang di komunitasnya, jangan dipaksakan masuk ke area akidah.”

Dalam audiensi ini hadir Ali Mufiz ketua pertimbangan MAJT mantan gubernur Jateng, DR KH Noor Achmad ketua MAJT, KH Muhidin sekretaris MAJT, Habib Hasan bin Toha tokoh masyarakat, KH Ahmad Daroji Ketua MUI Jateng, KH Haris Shodaqoh pengasuh Pondok Pesantren Al-Itqon, dan KH Istiajid.

Dari pihak aparat keamanan hadir AKBP Budi Agus selaku Kasub Dit Intelkam Polda Jateng, AKBP Ventie Muzak SIK MIK selaku Kasat Intelkam Polrestabes Semarang, Kompol Dedy selaku Kapolsek Gayamsari, dan Mayor Inf Sugiarto selaku Danramil Gayamsari.

Perwakilah etnis Tionghoa yang hadir adalah Redy Nusantara selaku panitia perayaan cap go meh dan Gautama Setiadi selaku sesepuh PITI.

EDITOR; Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.