Kunjungi Pasar Perbatasan RI-PNG, Menkeu Sri Mulyani Terima Keluhan Pedagang

1
31
  • 5
    Shares
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani saat melakukan kunjungan di Pasar Perbatasan RI-PNG,, Selasa (18/12/2018). (foto: Faisal N/SERUJI)

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (PNG), Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Selasa (18/12).

Dalam kunjungannya, Sri Mulyani juga melihat keadaan pasar tradisional di perbatasan RI-PNG tersebut.

Salah satu pedagang pasar perbatasan, Silvester Seran, yang mengetahui kunjungan Menteri Sri Mulyani tersebut langsung mengutarakan keluh kesahnya.

“Sudah setahun ini pasar perbatasan ini sepi dari pembeli negara tetangga PNG, padahal dulu ramai,” kata Silvester.

Menurut Silvester, kunjungan pembeli dari Papua Nugini berkurang diduga karena pemberlakuan paspor dan aturan lainnya.

“Kami juga tidak nyaman di sini, mungkin bisa dipercepat pemindahan ke pasar yang baru,” ujarnya.

Mengenai hal ini, Sri Mulyani mengatakan, pihaknya akan membahas dengan para menteri terkait.

“Memang ada kebijakan baru berkaitan penggunaan paspor bagi para pengunjung ke pasar. Dan memang ada keluhan mengenai kurangnya pengunjung yang cukup banyak,” ujar Sri Mulyani kepada wartawan, di lokasi, Selasa (18/12).

Dikatakannya, kebijakan tersebut semata-mata untuk keamanan negara dan juga bertujuan agar hubungan RI-PNG bisa lebih formal.

“Namun demikian, implikasi dari kegiatan ekonomi yang menurun perlu dipikirkan, jadi kami akan mendiskusikan ini dengan para menteri,” ujarnya.

Ia juga sudah meminta kepada Dirjen Bea dan Cukai juga Kanwil Bea dan Cukai setempat untuk dapat memikirkan solusi yang bisa diterapkan tanpa melanggar peraturan yang ada terutama dari bagian keimigrasian.

Dalam kunjungan kerja ini, selain berkunjung ke pasar perbatasan, Sri Mulyani juga berkesempatan melihat langsung fasilitas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Ia merencanakan memberikan pembekalan kepada para pegawai Kemenkeu di GKN Entrop, Jayapura usai kunjungannya di PLBN Skouw.

Besok, Rabu (19/12), Sri Mulyani dijadwalkan akan meresmikan Gedung GKN di Manokwari Papua Barat. (Faisal N/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU