Harga Tiket Pesawat Melambung, Inilah Dampak Bagi PT. Pelni

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Dampak dari mahalnya harga tiket pesawat terbang, arus penumpang kapal Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) dari dan ke pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar meningkat signifikan.

Pengiriman barang dengan menggunakan cargo kapal kapal Pelni juga terus meningkat.

“Kami cermati terus perkembangan itu terjadi sejak bulan November 2018, yang ditandai dengan mulai mahalnya harga tiket pesawat. Mudah mudahan kenyataan ini akan berlangsung lama,” ujar Kepala Pelni Cabang Makassar, Edward Tobing, di Makassar, Ahad (17/2).

Ditemui SERUJI disela waktu istirahanya, pejabat berdarah Tapanuli yang mengaku kerasan bertugas di Makassar ini menuturkan, rute-rute Kapal Pelni yang selalu ramai diburu tiketnya oleh penumpang adalah rute Makassar-Bima (NTB), Makassar-Benoa (Bali), Makassar-Labuan Bajo (NTT) dan Makassar ke arah timur Indonesia mulai dari Gorontalo, Bitung, Sorong, Ternate, Ambon dan Jayapura.

Menurut Edward, dengan menggunakan kapal Pelni, para penumpang seolah sedang menjalani perjalanan wisata, karena menyinggahi banyak pelabuhan dan mendapatkan banyak pengalaman baru.

“Harga tiket kapal Pelni pun sangat terjangkau, dapat makan pula…bagasi juga tidak dibatasi,” jelas Edward.

Mungkin karena alasan murah dan pelayanan yang diberikan setara dengan pelayanan hotel berbintang, akhir-akhir ini kalangan pejabat teras Pemprov Sulsel sering menggelar rapat di kapal-kapal Pelni.

Bulan lalu misalnya, Edward ingat persis, sekitar 300 pejabat Pemprov Sulsel rapat di kapal Pelni rute Makassar-Surabaya pulang pergi.

“Pejabat sebanyak itu beli tiket klas 1, dan mereka puas karena total pengeluaran dananya masih jauh lebih murah jika dibandingkan rapat di hotel dan menggunakan transportasi pesawat,” ujar Edward.

Kapal-kapal Pelni yang menyinggahi pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar untuk jurusan Indonesia Timur dan Indonesia Barat, berdasarkan catatan yang diberikan Edward Tobing, sepekannya lebih dari 10 kapal berkapasitas penumpang 1000 sampai 2000 orang sekali angkut.

Masyarakat senang menggunakan angkutan kapal Pelni, menurut Stevanus Baan, salah seorang calon penumpang KM Tilongkabila jurusan Makassar-Labuan Bajo, antara lain karena ongkosnya murah, dapat tempat peristirahatan dan dapat makan.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ