Direktur IMF Akan Galang Donasi dari Negara IMF-WB Bantu Lombok-Sulteng

LOMBOK BARAT, SERUJI.CO.ID – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan akan mengajak negara-negara peserta pertemuan IMF dan Bank Dunia yang dilaksanakan di Bali untuk mendonasikan bantuan bagi para korban gempa bumi dan tsunami di Lombok, NTB dan Sulawesi Tengah.

“Setelah kami melihat kondisi di Lombok dan Palu. Saat pertemuan di Bali, kita akan minta kepada negara-negara peserta untuk mau berbagi mengulurkan kedermawanannya membantu korban bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah,” kata Christine Lagarde saat meninjau para korban bencana gempa bumi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (8/10).

Dalam kunjungan menemui korban bencana, Christine Lagarde didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Bupati Lombok Barat Faozan Khalid.

Christine Lagarde memuji langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani gempa bumi dan tsunami di Lombok dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bahkan, meski Indonesia tengah dilanda gempa bumi dan tsunami, kondisi ekonomi Indonesia dinilai tetap baik.

“Presiden, Menkeu (Sri Mulyani) dan Pak Luhut (Menko Kemaritiman) sudah menjalankan tugasnya agar Indonesia di tangan yang baik. Lalu apa yang kita bisa (IMF) lakukan. Kami bersama seluruh pegawai IMF menggalang dana secara pribadi untuk Lombok dan Sulawesi Tengah dan manajemen mendukung inisiatif itu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kehadirannya di Lombok tidak hanya untuk berkunjung dan melihat situasi pascagempa, melainkan juga membawa sejumlah bantuan yang berasal dari para pegawai IMF untuk didonasikan kepada Lombok NTB dan Sulawesi Tengah.

“Hari ini saya bawa cek Rp2 miliar. Dana ini dialokasikan untuk Lombok dan Sulawesi Tengah. Karena semua orang harus bisa mendapatkan,” ujar Christine Lagarde.

Selain berjanji mengajak negara-negara peserta pertemuan IMF dan Bank Dunia untuk membantu mendonasikan buat Lombok dan Sulawesi Tengah, Christine Lagarde juga berjanji kembali mengunjungi dan menyapa para korban bencana gempa di Lombok.

Ia mengatakan terkesan dengan upaya pemulihan yang dilakukan pemerintah kepada para korban bencana. Hal itu, diutarakan Christine di hadapan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

“Kepada Gubernur NTB, saya akan datang ke Lombok lagi. Saya terkesan dengan rekontruksi yang berjalan di Lombok,” katanya (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

“Duit Ostrali”

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.