Di 2017, Tercatat 63 TKI NTT Meninggal Dunia di Luar Negeri

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Sepanjang tahun 2017 tercatat sebanyak 63 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meninggal dunia di luar negeri dan jenazahnya dikirim pulang ke NTT untuk dikembalikan ke keluarganya masing-masing.

Kepala BP3TKI Provinsi NTT Tato Tirang ketika dikonfirmasi Kamis (4/1) menjelaskan, dari 63 TKI yang meninggal dunia tersebut, ada tiga orang yang tak dapat dikirim pulang ke NTT karena alamat tidak jelas.

“Jadi jumlah yang meninggal dunia ada 63 orang sedangkan yang tiga orang itu tidak jelas alamatnya sehingga menjadi kesulitan bagi kami untuk mengecek keberadaannya,” kata Tato.

Menurutnya, jika dilihat dari status legal atau ilegal dari 63 TKI hanya satu orang yang berstatus legal, sedangkan yang lain ilegal bahkan saat dicek ada tiga orang TKI tidak bisa dipulangkan karena pemalsuan dokumen.

“Ini kalau dilihat TKI yang meninggal dunia di luar negeri mungkin melebihi angka dari yang dilaporkan atau dipulangkan secara diam-diam,” tuturnya.

Ia menambahkan, TKI yang meninggal dunia di luar negeri paling banyak asal Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jika dilihat dari persoalan dokumen tidak resmi itu merupakan urusan pihak kepolisian untuk mengantisipasi keberangkatan mereka keluar negeri.

“Kan banyak kasus human traffiking yang terjadi di NTT dan sudah dilaporkan ke Polisi namun tidak ada kelanjutannya,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya berharap persoalan ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah agar di tahun ini dan mendatang tidak ada lagi TKI yang diberangkatkan keluar negeri tanpa dokumen resmi dari pemerintah setempat. (Habibudin/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER