Jasa Marga Percepat Pembayaran Ganti Rugi Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID – PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan, kelompok usaha PT Jasa Marga yang mengelola proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II sisi Selatan mempercepat pembayaran ganti rugi untuk pengadaan tanah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

“Kami terus berupaya mempercepat proses pelaksanaan pembangunan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek (Japek) Selatan (JJS), Dedi Krisnariawan Sunoto dalam siaran pers yang diterima di Cikampek, Selasa (2/7).

Ia mengatakan Jalan Tol Japek II Selatan akan dibangun dengan panjang 62 kilometer. Pembangunannya dibagi dalam tiga seksi.

Tiga seksi ini di antaranya Seksi 1 (Jati Asih-Setu) sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2 (Setu-Taman Mekar) sepanjang 24,85 kilometer serta Seksi 3 (Taman Mekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer.

“Tantangan yang dihadapi dalam membangun jalan tol ini adalah pembebasan lahan, sehingga menjadi prioritas untuk segera diselesaikan,” katanya.

Pada Seksi 3 ini sebanyak 45 persen lahan itu milik pemerintah yang terdiri atas lahan yang dikelola Jasa Marga dan Kementerian PUPR.

Untuk izin pakainya telah didapatkan serta lahan Perhutani yang masih menunggu izin pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sekitar 55 persen lahan adalah milik masyarakat.

“Kami targetkan progres pembebasan lahan untuk Seksi 3 dapat 100 persen selesai pada tahun 2020,” ujarnya.

Dedi menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah pembebasan lahan untuk keperluan proyek.

Sehingga pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek Selatan II untuk seluruh seksi dapat selesai sesuai target yaitu pada tahun 2021.

Ke depan, Jalan Tol Japek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Jalan Tol Japek II Selatan juga diharapkan menjadi salah satu solusi, upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan serta kelancaran transportasi pembangunan, khususnya di wilayah-wilayah antara Jakarta dan Cikampek.

Sementara saat ini pengadaan tanah pada proyek pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan di Purwakarta memasuki tahap pelaksanaan pembayaran sebanyak 88 bidang. Total nilai ganti ruginya mencapai Rp47 miliar.

Nurbaiti, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Kementerian PUPR untuk daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Purwakarta mengatakan, tahapan pembayaran ganti rugi ini dilaksanakan berdasarkan hasil validasi dari Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah BPN Purwakarta.

“Terdapat 88 bidang yang memenuhi syarat pemberkasan dari awalnya sebanyak 177 bidang hasil musyawarah,” katanya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close