Kapal Penumpang di Selat Bali Terbakar

0
45
Kapal terbakar
Kapal Terbakar (ilustrasi)

NEGARA, SERUJI.CO.ID – Kapal Motor Penumpang (KMP) Labitra Adinda terbakar di Selat Bali, saat berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Kamis (17/5).

Terbakarnya kapal saat masuk ke perairan Pelabuhan Ketapang, Rabu (16/5) sore ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sedikitnya satu unit mobil ikut terbakar, serta membuat penumpang dan anak buah kapal panik.

“Seluruh penumpang dan anak buah kapal selamat. Masih dilakukan penyelidikan penyebab kebakaran,” kata Kepala Koordinator Pos Pencarian Dan Pertolongan SAR Jembrana Komang Sudiarsa, yang ikut ke lokasi.

Loading...

KMP Labitra Adinda berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk pukul 14.05 WITA dengan membawa 30 penumpang, 12 ABK, lima unit truk besar, lima unit truk kecil, satu unit mobil pribadi dan dua unit sepeda motor.

Sekitar 40 menit setelah berlayar atau mendekati Pelabuhan Ketapang, muncul api dari mesin bagian kapal yang dinahkodai Singgih A ini.

Mobil pribadi yang berada dekat mesin tersebut langsung tersambar api, dan dengan cepat kebakaran membesar menyebabkan ABK dan penumpang panik.

KMP Karya Maritim II yang berada di dekat KMP Labitra Adinda langsung mendekat dan melakukan evakuasi terhadap penumpang serta ABK, lalu menarik kapal naas tersebut ke pantai untuk dikandaskan.

Tidak berapa lama tim gabungan dari TNI AL, Polisi Air dan SAR baik dari arah Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk berdatangan ke lokasi untuk memadamkan api.

“Api cukup besar sehingga membutuhkan waktu untuk dipadamkan. Informasinya api memang berasal dari salah satu mesin,” kata Sudiarsa. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU