Kapal Penumpang di Selat Bali Terbakar

NEGARA, SERUJI.CO.ID – Kapal Motor Penumpang (KMP) Labitra Adinda terbakar di Selat Bali, saat berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Kamis (17/5).

Terbakarnya kapal saat masuk ke perairan Pelabuhan Ketapang, Rabu (16/5) sore ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sedikitnya satu unit mobil ikut terbakar, serta membuat penumpang dan anak buah kapal panik.

“Seluruh penumpang dan anak buah kapal selamat. Masih dilakukan penyelidikan penyebab kebakaran,” kata Kepala Koordinator Pos Pencarian Dan Pertolongan SAR Jembrana Komang Sudiarsa, yang ikut ke lokasi.

KMP Labitra Adinda berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk pukul 14.05 WITA dengan membawa 30 penumpang, 12 ABK, lima unit truk besar, lima unit truk kecil, satu unit mobil pribadi dan dua unit sepeda motor.

Sekitar 40 menit setelah berlayar atau mendekati Pelabuhan Ketapang, muncul api dari mesin bagian kapal yang dinahkodai Singgih A ini.

Mobil pribadi yang berada dekat mesin tersebut langsung tersambar api, dan dengan cepat kebakaran membesar menyebabkan ABK dan penumpang panik.

KMP Karya Maritim II yang berada di dekat KMP Labitra Adinda langsung mendekat dan melakukan evakuasi terhadap penumpang serta ABK, lalu menarik kapal naas tersebut ke pantai untuk dikandaskan.

Tidak berapa lama tim gabungan dari TNI AL, Polisi Air dan SAR baik dari arah Pelabuhan Ketapang maupun Gilimanuk berdatangan ke lokasi untuk memadamkan api.

“Api cukup besar sehingga membutuhkan waktu untuk dipadamkan. Informasinya api memang berasal dari salah satu mesin,” kata Sudiarsa. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengapa Riset di Indonesia ‘Mandul’? Belajar dari Thomas Edison-GE

Mengapa riset di perguruan tinggi kita mandul? Mengapa hanya menghasilkan dokumen  di rak-rak perpustakaan atau link internet yang hanya dibaca secara terpaksa oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi? Simak jawabannya di sini

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER