DPRD Bali: Masalah Sampah Jadi Sorotan Wisatawan

DENPASAR, SERUJI.CO.ID – Anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Tirtawan mengatakan permasalahan sampah di Pulau Dewata menjadi sorotan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

“Pulau Bali terus menjadi sorotan para wisatawan terkait meningkatnya volume sampah. Seakan masyarakat dan Pemerintah Bali tidak mampu menangani sampah tersebut,” ujar Tirtawan di Denpasar, Rabu (11/4).

Ia mengatakan keberadaan sampah, terutama sampah plastik sudah menyebar di semua daerah, bahkan yang jangan kelihatan tanpa ada penanganan secara maksimal adalah di sejumlah pantai.

“Serbuan volume sampah plastik semakin meluas dan meningkat terus. bahkan sampai petugas kebersihan dalam pengangkutan kewalahan untuk memindahkan ke tempat pembuangan sampah akhir,” ujarnya.

Menurut politikus Partai NasDem itu, bahwa keberadaan sampah plastik dari hulu hingga hilir terus membanjiri lewat got, sungai hingga ke laut.

“Bahkan sejak pekan lalu tumpukan sampah plastik terlihat cukup banyak di Pantai Padanggalak, Sanur, Kota Denpasar, sehingga menjadi keprihatinan masyarakat dan wisatawan yang kebetulan berkunjung di pantai itu,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam mencarikan jalan keluarnya adalah bersama-sama menumbuhkan kesadaran untuk mengumpulkan dan memilah sampah organik dan anorganik.

“Selain itu tidak membuang sampah di sembarang tempat, karena berpengaruh juga terhadap sektor andalan Pulau Bali, yakni sektor pariwisata. Jika Bali terus-terusan kotor dan jorok akibat sampah tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Bali akan ditinggal oleh kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Menurut pria yang juga penggiat peduli lingkungan tersebut, bila Pulau Dewata terus kotor, maka akan menjadi ancaman di sektor pariwisata tersebut.

“Apalagi pemerintah pusat sudah memprogramkan membuat tujuan pariwisata baru, yakni “10 Desnitasi Bali baru”. Sehingga akan menjadi pesaing bagi Bali ke depannya, jika tidak bisa menjaga lingkungan agar asri dan bersih,” ucapanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Politisi Kampungan

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.