Data Berbeda, KPU Sumenep Kembalikan Salinan Bukti Keanggotaan 3 Parpol

0
69
Petugas KPU Sumenep
Petugas penerima salinan berkas keanggotaan parpol di KPU Sumenep. (Foto: Rahmat B/ SERUJI)

SUMENEP, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengembalikan salinan bukti keanggotaan tiga partai politik (parpol) calon peserta pemilu tahun 2019. Tiga parpol tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Berkas anggota 3 parpol itu tidak sesuai dengan yang didaftarkan di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Berkas yang diserahkan tiga parpol itu kita kembalikan,” kata Komisioner KPU, A. Zubaidi, Jumat (13/10).

Selain tiga parpol itu, ada satu partai lain yang juga sudah menyerahkan berkas keanggotaan, yaitu Partai Perindo. Berkas partai besutan Hary Tanoe itu dinyatakan lengkap dan sesuai dengan Sipol, sehingga langsung diterima KPU Sumenep.

Loading...

Zubaidi menjelaskan, berkas yang harus diserahkan parpol adalah daftar nama dan alamat anggota partai dalam bentuk Lampiran 2 Model F2-Parpol. Tidak hanya itu saja, parpol juga harus menyetor salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan salinan KTP Elektronik. Jika ada anggota yang belum punya KTP Elektronik, bisa menggunakan surat keterangan yang diterbitkan dinas terkait.

“Masih ada waktu memperbaiki. Terakhir tanggal 16 Oktober,” jelasnya.

Zubaidi mengimbau pimpinan parpol di Sumenep agar segera mendaftar, mengingat hari terakhir penyerahan berkas tersebut tinggal beberapa hari.

Untuk memastikan tidak ada keanggotaan ganda, dia memastikan KPU akan melakukan verifikasi faktual. (Rahmat B/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama