Walau Kondisi Politik dan Ekonomi Dianggap Buruk, Kinerja Jokowi Dinilai Memuaskan

JAKARTA – Lembaga survei Indo Barometer mempublikasikan hasil survei yang mereka lakukan sejak 4-14 Maret 2017. Salah satu yang disurvei adalah penilaian terhadap kondisi umum di masyarakat saat ini.

“Kondisi secara umum di Indonesia mendapat respon publik bervariasi; Bidang politik dinilai mayoritas publik (51.3%) tergolong buruk/sangat buruk,” salah satu kesimpulan dari survei yang dirilis di Jakarta, hari ini, Rabu (22/3).

Selain kondisi Politik yang dianggap buruk, dibidang Ekonomi juga masyarakat menunjukan ketidak puasannya. Sebanyak 50,0 persen responden menganggap kondisi Ekonomi selama hampir 3 tahun pemerintahan Presiden Jokowi sangat buruk/buruk.

Walau sebagian besar responden menganggap kondisi Politik dan Ekonomi Indonesia saat ini buruk, namun saat ditanya tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi, sebanyak 66,4 persen responden menyatakan puas/sangat puas atas kinerja Jokowi sebagai Presiden Indonesia. Hanya 32,0 persen yang menyatakan kurang puas/tidak puas sama sekali atas kinerja Presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Tiga alasan teratas publik puas atas kinerja Jokowi adalah dianggap mau mendengarkan suara rakyat (9,2 %), program KIS KKP dan KKS yang terelisasi (8,4 %) dan keberhasilan melakukan perubahan yang dirasakan rakyat secara nyata (6,3%).

Saat responden ditanya, apakah menginginkan Jokowi kembali menjadi Presiden untuk periode 2019-2024, sebagian besar responden, 57,8 persen, menginginkan Jokowi kembali memimpin Indonesia.

Survei yang dirilis Indo Barometer hari ini, melibatkan 1200 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95,0 persen dan margin of error lebih kurang 3,0 persen. Metode pengumpulan data dengan cara tatap buka secara langsung dengan menggunakan kuesioner kepada responden dengan usia 17 tahun keatas atau sudah menikah.

EDITOR: Harun S

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.