Pastikan Gerak Cepat Penanganan Pascagempa, Presiden Kembali Kunjungi Sulteng

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi kembali menuju Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meninjau daerah-daerah terdampak bencana dan lokasi pengungsian korban gempa bumi dan tsunami, hari ini, Rabu (3/10).

Dalam kunjungan kali ini, Presiden ingin memastikan komitmen dan gerak cepat pemerintah dalam menangani dampak bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah.

“Yang paling penting itu adalah penanganannya yang cepat, yang segera menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan,” kata Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10).

Dijadwalkan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pesawat Boeing 737-400 TNI AU yang membawa Kepala Negara beserta rombongan lepas landas pukul 07.00 WIB.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, setibanya di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Kota Palu, Presiden akan menuju Kelurahan Petobo, Rumah Sakit Wirabuana, dan Hotel Roa-Roa.

Selain itu, dalam kunjungan keduanya ke Sulawesi Tengah setelah gempa dan tsunami melanda sebagian wilayah provinsi itu pada Jumat (28/9), Presiden akan mengunjungi permukiman-permukiman yang terdampak bencana dan tempat pengungsian di Kabupaten Donggala. Presiden sebelumnya mengunjungi daerah terdampak bencana di wilayah itu pada Ahad (30/9).

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Sosial Agus Gumiwang serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Adita Irawati juga ikut dalam rombongan terbatas Kepala Negara.

Rencananya, Presiden beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta pada sore hari menumpang pesawat dari Helipad Halaman Kantor Bupati Donggala untuk kemudian berganti pesawat di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri dan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.

Saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta pada Selasa tentang penanganan dampak bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong, Presiden menyampaikan arahan mengenai evakuasi serta pencarian korban, pelayanan medis bagi korban, pemenuhan kebutuhan dasar dan logistik pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dan layanan umum.

Presiden antara lain menginstruksikan perbaikan segera fasilitas vital seperti bandara, jalan, kelistrikan, dan penyedia bahan bakar minyak. (Ant/SU01)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close