Jelang Akhir Pemerintahan, Jokowi: Banyak Proyek Selesai dan Antre untuk Diresmikan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi mengungkapkan saat ini sudah banyak proyek infrastruktur yang pengerjaannya sudah selesai dan antre menunggu peresmian.

“Banyak yang sudah antre tapi karena mengatur waktunya sulit, banyak sekali yang belum bisa kita resmikan,” kata Presiden saat meresmikan ‘Geoportal Kebijakan Satu Peta dan Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional 2018’ di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (11/12).

Presiden menyebutkan proyek infrastruktur itu antara lain bendungan, pelabuhan laut, jalan tol dan bandara.

“Pelabuhan besar seperti Kuala Tanjung di Sumut akhir bulan ini atau awal bulan depan akan kita resmikan, demikian juga dengan Makassar New Port, ini pelabuhan besar juga yang akan kita selesaikan pada awal 2019,” jelasnya.

Pada awal sambutannya, Kepala Negara menyebutkan dalam empat tahun terakhit ini pemerintah fokus dan berkonsentrasi dalam pembangunan infrastruktur.

“Kita melihat pembangunan infrastruktur baik jalan, jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, yang kita lihat satu per satu sudah banyak yang telah selesai,” katanya.

Jokowi menyebutkan kemungkinan paling banyak peresmian akan dilakukan pada akhir 2018 atau awal 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mencontohkan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Surabaya yang akan tersambung pada akhir 2018. “Sebentar lagi tersambung, tinggal empat ruas yg belum selesai antara lain Batang-Semarang, Salatiga-Solo, Wilangan-Kertosono,” katanya.

Ia menyebutkan setelah Merak-Surabaya tersambung, maka diharapkan pada akhir 2019 Merak akan tersambung hingga Banyuwangi. Sementara untuk Trans Sumatera, dalam waktu dekat akan terhubung Lampung hingga Palembang.

“Dari Bakauheni ke Palembang akhir Desember 2018 ini akan selesai terlebih dahulu,” katanya.

Ia mengharapkan Jalan Tol Bakauheni hingga Terbanggi Besar sepanjang 148 km akan segera selesai.

“Saya sudah wanti wanti, saya pesan benar agar yang dari Bakauheni ke Palembang selesainya pada April 2019,” pungkasnya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy